Memenuhi komitmen tahun 2021; menghilangkan ALTi dari lemak dan minyak, termasuk di negara-negara yang tidak memiliki mandat legislatif

Minneapolis--(ANTARA/Business Wire)-- Mulai 1 Januari 2024, setiap pelanggan makanan Cargill di mana pun dapat merasa yakin bahwa lemak dan minyak yang diproduksi oleh Cargill telah mematuhi tingkat toleransi maksimum yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk asam lemak trans industri (ALTi) di dalam lemak dan minyak. Pencapaian ini diraih oleh Cargill sebagai pemasok global pertama yang seluruh portofolio minyak nabatinya di seluruh dunia memenuhi standar praktik terbaik WHO mengenai ALTi, dengan mengurangi kandungan ALTi hingga maksimum dua gram per 100 gram lemak/minyak, termasuk di negara-negara yang saat ini tidak memiliki mandat legislatif.

Meskipun Cargill baru mengumumkan komitmen bebas ALTi dalam portofolio lemak dan minyaknya pada bulan Desember 2021, pencapaian ini mencerminkan kerja keras selama beberapa dekade. Perjalanan ALTi yang dilakukan Cargill telah berlangsung selama lebih dari seperempat abad sejak inovasi awal, dengan investasi jutaan dolar untuk belanja modal dan sumber daya, serta ribuan jam kerja yang tercurah untuk Riset dan Pengembangan. Selama ini Cargill telah membantu lebih dari 400 pelanggan untuk menciptakan produk bergizi dan lezat yang berpengaruh pada hidup lebih bahagia dan sehat, dengan menghapus lebih dari 1,5 miliar pon produk berbahan ALTi dari pasokan pangan global.

“Kami senang karena Cargill selalu berkomitmen untuk mengurangi lemak trans industri pada semua minyak mereka, dan belum lama ini memenuhi standar yang direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia,” kata René Lammers, Chief Science Officer PepsiCo. “Langkah ini sejalan dengan kesuksesan PepsiCo untuk mengurangi kandungan ALTi dalam makanan yang kami produksi agar memenuhi standar yang sama. Kami juga mendorong para mitra industri untuk bergabung dengan kami dalam inisiatif penting ini agar portofolio makanan dan minuman kita lebih baik bagi bumi ini dan manusia.”

Dalam dua tahun terakhir saja, Cargill telah menginvestasikan 8,5 juta dolar USA lagi untuk meningkatkan fasilitasnya guna mengurangi jumlah lemak trans yang dihasilkan saat pemrosesan minyak, dan menjalin kerja sama dengan lebih dari 100 pelanggan di 24 negara untuk membuat formulasi solusi produk baru yang memenuhi kebutuhan mereka.

ALTi paling sering terbentuk melalui hidrogenasi parsial minyak nabati (PHO), namun juga bisa melalui pemrosesan dengan panas tinggi saat penyulingan minyak nabati. Tahun 2018, WHO menyerukan penghilangan ALTi secara global selambatnya tahun 2023 dan menyatakan bahwa konsumsi lemak trans lebih dari 1 persen dari total asupan energi bisa mengakibatkan penyakit jantung koroner dan kematian.

“Kami sangat bangga karena berhasil memenuhi komitmen dan membantu mencapai tujuan kami – yakni memenuhi kebutuhan pangan dunia secara aman, bertanggung jawab, dan berkelanjutan,” kata Natasha Orlova, Wakil Presiden Cargill divisi edible oil dan Managing Director kawasan Amerika Utara. “Mengambil langkah terdepan di industri ini, bahkan di negara-negara yang saat ini tidak memiliki aturan terkait ALTi, akan membantu memastikan konsistensi rantai pasokan bagi para produsen besar bidang makanan sekaligus menawarkan inovasi dan pengalaman Cargill yang luas kepada para produsen kecil.”

Untuk memastikan kepatuhan, Cargill menambahkan ALTi ke program yang lebih luas lagi terkait jaminan keamanan dan kualitas pangan. Pendekatan berbasis sistem ini mencakup pemantauan, kepatuhan, dan audit berlapis-lapis.

Dalam laporan kemajuan terbarunya, WHO mencatat bahwa kebijakan pembatasan penggunaan ALTi hanya diterapkan di 60 negara di dunia, yaitu sekitar 43% penduduk dunia. Karena itu sebagian besar konsumen di dunia berisiko terus mengonsumsi ALTi. Laporan ini menyerukan kepada pemasok utama minyak dan lemak untuk “mengikuti upaya yang dirintis Cargill dalam menghilangkan asam lemak trans industri di produk yang dijual kepada produsen makanan di seluruh dunia.”1

“Kami merupakan pemasok minyak nabati global yang pertama dan satu-satunya yang selalu berkomitmen dan memenuhi standar WHO serta menyeluruh untuk seluruh portofolio global kami. Meskipun kami bangga dengan pencapaian ini, laporan WHO tersebut menyoroti banyaknya pekerjaan yang masih harus dilakukan,” tambah Orlova. “Kami telah membuktikan bahwa memenuhi rekomendasi ALTi dapat dilakukan dengan tetap mewaspadai kadar lemak jenuh tanpa banyak mengubah rasa atau tekstur makanan favorit konsumen. Kami menyerukan kepada pelaku industri lain agar mengikuti jejak kami dan menghilangkan ALTi dari semua produk mereka.”

Cargill juga telah melakukan langkah-langkah untuk membantu memajukan proses formulasi ulang di seluruh industri dalam dua tahun terakhir, khususnya di negara-negara yang tidak memiliki peraturan ALTi pada saat Cargill membuat komitmen. Salah satu yang telah dilakukan yakni di Pakistan, di mana Cargill bermitra dengan Sustainable Development Policy Institute di dalam kampanye kesadaran masyarakat. Di Malaysia dan Meksiko, Cargill berinteraksi dengan pemangku kepentingan dari kalangan industri, akademisi, dan pemerintah untuk meningkatkan kesadaran tentang praktik terbaik WHO sekaligus berbagi pengalaman dan keahlian formulasi ulang ALTi.

1 “Countdown to 2023: WHO Report on Global Trans Fat Elimination,” World Health Organization, 2022. Unduh di: https://www.who.int/publications/i/item/9789240067233

Tentang Cargill

Cargill berkomitmen untuk menyediakan makanan, bahan makanan, solusi pertanian, dan produk industri untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dunia dengan cara yang aman, bertanggung jawab, dan berkelanjutan. Berada di pusat rantai pasokan, kami bermitra dengan petani dan pelanggan untuk memasok, membuat, dan menyediakan berbagai produk utama bagi kehidupan.

160.000 anggota tim kami di seluruh dunia berinovasi dengan tujuan tertentu, menyediakan pelanggan dengan berbagai kebutuhan hidup yang esensial sehingga bisnis dapat berkembang, masyarakat sejahtera, dan konsumen dapat hidup sehat. Berbekal pengalaman selama 159 tahun sebagai perusahaan keluarga, kami melihat masa depan dengan selalu berpegang teguh pada nilai-nilai yang kami junjung. Kami mengutamakan manusia. Kami mencapai yang lebih tinggi. Kami melakukan hal yang benar - saat ini dan untuk generasi mendatang. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi Cargill.com dan News Center kami.

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Tersedia Galeri Multimedia/Foto: https://www.businesswire.com/news/home/53887225/en

Kontak
Kelly Sheehan, media@cargill.com

Sumber: Cargill

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024