Temuan ini menunjukkan penghematan bahan bakar yang signifikan, dengan menekankan potensi propulsi berbantuan angin untuk mendukung upaya dekarbonisasi industri pelayaran

Jenewa--(ANTARA/Business Wire)-- Hari ini Cargill mengungkapkan beberapa hasil menarik dari pengujian Pyxis Ocean yang berlangsung selama enam bulan, yang menekankan potensi teknologi propulsi berbantuan angin untuk membawa industri pelayaran menuju penggunaan energi terbarukan. Kapal MC Shipping Kamsarmax yang dilengkapi dua WindWings® - yaitu wind sail berukuran besar dan kokoh yang dikembangkan oleh BAR Technologies - berhasil mencapai kinerja sesuai prediksi, yaitu setara dengan rata-rata 3 ton bahan bakar per hari.

“Kami senang sekali melihat semua hasil ini dan belajar banyak tentang penggunaan propulsi berbantuan angin pada kapal muatan curah kering (dry bulk),” kata Jan Dieleman, Presiden bisnis Ocean Transportation Cargill. “Kami tidak akan pernah mampu melakukannya sendirian – BAR Technologies dan MC Shipping adalah mitra yang luar biasa dalam mewujudkan Pyxis Ocean sekaligus sebagai kapten dan awak kapal. Kami memimpin perubahan dalam industri pelayaran, dan kami percaya bahwa teknologi yang memanfaatkan tenaga angin dapat menjadi cara yang penting dan hemat biaya untuk mencapai tujuan dekarbonisasi kami dalam jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.”

Pyxis Ocean memasuki perairan terbuka pada bulan Agustus 2023. Saat pengujian selama enam bulan pertama, Pyxis Ocean telah mengarungi Samudera Hindia, Samudera Pasifik, Atlantik Utara dan Atlantik Selatan, serta melintasi Cape Horn dan Cape of Good Hope. Kapal ini dilengkapi dua WindWings® setinggi 37,5 meter dan menyerupai sayap pesawat besar. Sayapnya terpasang vertikal untuk menangkap angin dan mendorong kapal ke depan, jadi mesin kapal dapat dimatikan agar kapal dapat melaju dengan kecepatan yang sama seperti kapal konvensional yang lebih hemat bahan bakar. Sayapnya dikendalikan oleh panel sentuh pada jembatan. Dengan sistem lampu lalu lintas sederhana, kru dapat mengetahui kapan harus menaikkan atau menurunkan layar. Setelah diangkat, pengoperasiannya menjadi otomatis sepenuhnya: sensor di kapal terus-menerus mengukur angin, dan layar otomatis menyesuaikan dengan konfigurasi optimal.

Propulsi berbantuan angin bisa menjadi cara yang hemat biaya untuk mendukung strategi gas rumah kaca baru Organisasi Maritim Internasional (IMO). Salah satu target IMO tahun 2030 adalah memiliki 5 persen atau 10 persen energi yang berasal dari sumber karbon sangat rendah selambatnya tahun 2030: propulsi berbantuan angin dapat menjadi cara yang penting untuk mencapai tujuan ini.

Pelayaran awal ini telah memberikan wawasan tentang penggunaan layar pada kapal sekaligus menyoroti masalah logistik yang lebih luas dalam sistem maritim global. Mengingat setiap pelabuhan, terminal, dan dermaga tidak sama, penggunaan layar amat sangat penting untuk mengintegrasikan teknologi Wind Assisted Propulsion (WAP/Propulsi Berbantuan Angin) ke sistem maritim global dalam skala lebih luas.

Kata John Cooper, CEO BAR Technologies, “Hasil pelayaran perdana Pyxis Ocen dengan pemasangan WindWings® jelas menunjukkan bahwa propulsi berbantuan angin dapat sangat menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi. Misalnya, dalam kondisi pelayaran yang mendekati optimal saat pelayaran di laut terbuka, Pyxis Ocean berhasil menghemat bahan bakar sebanyak 11 ton per hari. Meskipun Pyxis Ocean memiliki dua WindWings®, kami mengantisipasi bahwa mayoritas kapal Kamsarmax akan membawa tiga sayap, sehingga semakin menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi hingga 1,5 kali lipat. Dengan Cargill, kini kami dapat memvalidasi prediksi kinerja dan pemodelan kami dalam kondisi dunia nyata. Sungguh menyenangkan bagi kami ketika memulai produksi WindWings® di seluruh dunia.”

“Cargill menciptakan banyak cara bagi semua kapal WAP – tidak hanya Pyxis Ocean – untuk beroperasi di rute perdagangan global,” kata Dieleman. “Sejauh ini, kami telah bekerja sama dengan lebih dari 250 pelabuhan untuk menemukan cara agar kapal dengan WAP skala besar dapat berlabuh. Cargill mampu mengatasi kompleksitas ini, dan bagaimana kami dapat memanfaatkan peran kami yang unik dalam industri maritim. Kami tidak takut menjadi mitra pembangunan dan berinvestasi, berbagi risiko dengan para mitra, dan menciptakan perbedaan dalam mentransformasi industri ini.”

Cargill akan terus mengadakan pengujian dan eksperimen pada aspek operasional, aspek teknis, dan aspek komersial Pyxis Ocean untuk memasukkan sebanyak mungkin pembelajaran ke dalam potensi desain pemasangan di masa mendatang sebelum melakukan peningkatan.

Catatan untuk editor:

[1]

  • BAR Technologies dan Cargill memperkirakan rata-rata penghematan bahan bakar tahunan sebesar 3 ton per hari (setara dengan pengurangan emisi well-to-wake CO2e sebesar 11,2/t/hari. Setara dengan penghematan sekitar 14 persen pada Pyxis Ocean.
  • Kinerja rata-rata yang diukur sejauh ini adalah 10% dari prediksi yang dibuat dengan menggunakan simulasi Dinamika Fluida Komputasi (CFD) oleh BAR Technologies untuk memperkirakan seberapa baik kinerja propulsi berbantuan angin pada rute-rute Cargill.
  • Selama kondisi pelayaran optimal, Pyxis Ocean berhasil menghemat konsumsi bahan bakar lebih dari 11t/hari, artinya pengurangan emisi well-to-wake CO2e sebesar 41t/hari atau penghematan emisi sebesar 37%.
  • Rata-rata CO2e sebesar 11,2t/hari di atas adalah sekitar 2650 CO2e/tahun (rata-rata 11,2t x 237 hari berlayar per tahun = 2650t well-to-awake). Ini sama dengan menghilangkan 480 mobil dari jalan raya. (Referensi: Greenhouse Gas Emissions from a Typical Passenger Vehicle | US EPA)
  • Cargill dan MC Shipping melibatkan DNV sebagai pihak ketiga independen untuk meninjau dan memverifikasi perhitungan penghematan bahan bakar.

Tentang WindWings

  • Cargill adalah perusahaan pertama yang memasang “WindWings,” layar sayap berukuran besar dan kokoh yang dapat menghasilkan persentase pengurangan emisi sebesar dua digit.
  • Bekerja sama dengan BAR Technologies, Cargill memasang WindWings di kapal Kamsarmax, Pyxis Ocean, yang kami sewa dari MC Shipping.
  • Pemasangan dilakukan pada tahun 2023 di COSCO, Shanghai, Tiongkok.
  • Kini Pyxis Ocean menjadi Kamsarmax paling hemat energi dalam armada kapal sewa milik Cargill
  • Pyxis Ocean akan digunakan untuk menginformasikan potensi peningkatan di seluruh armada dan industri. Cargill akan terus mempelajari cara meningkatkan desain, pengoperasian, dan kinerja.
  • Proyek WindWing adalah bagian dari proyek yang mendapatkan pendanaan dari program penelitian dan inovasi Horizon 2020 Uni Eropa berdasarkan perjanjian hibah No. 955286

Tentang Cargill Ocean Transportation

Cargill Ocean Transportation adalah perusahaan perdagangan kargo terkemuka yang menyewa sekitar 650 kapal di seluruh dunia dalam satu waktu dan didirikan pada tahun 1956 di Jenewa. Kami memanfaatkan kekayaan warisan dan kemampuan ahli pengoperasian global Cargill di bidang pangan, pertanian, dan perdagangan komoditas. Pelanggan kami, termasuk semua perusahaan lain dan bisnis internal Cargill, adalah pusat dari semua hal yang kami lakukan. Kami menyediakan layanan yang menggabungkan teknologi digital terkini dengan solusi ramah lingkungan agar pengiriman menjadi lebih aman dan berkelanjutan.

Tentang Cargill

Cargill berkomitmen untuk menyediakan pangan, bahan-bahan, solusi pertanian, dan produk industri untuk menyehatkan dunia dengan cara yang aman, bertanggung jawab, dan berkelanjutan. Di pusat rantai pasokan, kami bermitra dengan petani dan pelanggan untuk mencari, membuat, dan mengirimkan berbagai produk yang penting bagi kehidupan.

160.000 anggota tim kami berinovasi dengan tujuan, yaitu menyediakan kebutuhan hidup yang penting bagi pelanggan agar bisnis dapat berkembang, masyarakat sejahtera, dan konsumen hidup dengan baik. Berbekal pengalaman selama 159 tahun sebagai perusahaan keluarga, kami menatap ke depan dengan tetap setia menjunjung nilai-nilai kami. Kami mengutamakan sesama. Kami mencapai lebih tinggi. Kami melakukan hal yang benar - saat ini dan bagi generasi mendatang. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi Cargill.com dan Pusat Berita kami

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Tersedia Galeri Multimedia/Foto: https://www.businesswire.com/news/home/53907921/en

Kontak
Nicole Marlor

Sumber: Cargill

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024