Banda Aceh (ANTARA) - Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya mengajak seluruh komponen masyarakat di provinsi itu untuk melaksanakan pesta demokrasi dengan riang gembira.

“Saya mengajak seluruh tokoh masyarakat, adat, ulama dan semua komponen lainnya untuk dapat melaksanakan pesta demokrasi dengan penuh kedamaian dan kenyamanan,” kata Pangdam IM di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan pelaksanaan pesta demokrasi merupakan sebuah harga diri sehingga semua pihak memiliki peran untuk menciptakan perdamaian dan kenyamanan pada Pemilu 2024.

“Mari kita bersama-sama menciptakan kedamaian dan kenyamanan di tengah penyelenggaraan pesta demokrasi ini sehingga pelaksanaannya berjalan dengan lancar dan sukses,” katanya.

Ia berharap juga kepada seluruh ulama se-Aceh untuk terus menyampaikan pesan-pesan pencerahan kepada masyarakat sehingga suasana kedamaian di wilayah masing-masing terjaga dengan baik.

Pemilu 2024 terdiri pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI serta pemilihan anggota DPR provinsi dan DPR kabupaten kota.

Pemungutan suara pemilu legislatif dijadwalkan 14 Februari 2024. Pemungutan pemilu legislatif tersebut digelar serentak dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Pemilu legislatif di Aceh, selain18 partai politik nasional juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh (PNA), Partai Geuneurasi Atjeh Beusaboh Tha'at (Gabthat), Partai Darul Aceh (PDA), Partai Aceh (PA), Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh, Partai Solidaritas Independen Rakyat Aceh (SIRA).

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024