Pontianak (ANTARA) - Kodam XII/Tanjungpura menggelar persiapan pengamanan Pemilu 2024 dengan menyiagakan 9.111 personel dari Kalbar dan Kalteng yang di tugaskan dalam pengamanan pesta demokrasi tersebut.

"Kesiapan kita sudah maksimal karena ini bukan apel yang pertama kali, namun sudah kesekian kalinya termasuk deklarasi damai bagaimana pelaksanaan pemilu dilaksanakan dengan damai dan lancar karena ini pesta rakyat," kata Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan di Sungai Raya, Kamis.

Iwan mengungkapkan bahwa sebanyak 9.111 personel dari Kalbar dan Kalteng akan siap mengamankan pesta demokrasi tahun 2024.

"Seluruh personel siap digerakkan untuk menyukseskan pesta demokrasi. Seluruh anggota, perlengkapan, peralatan, dan transportasi telah disiapkan," tuturnya.

Pigaknya juga sudah membantu pengamanan logistik di tempat-tempat yang membutuhkan bantuan TNI/Polri serta semua tempat yang sulit dijangkau, agar pesta demokrasi berjalan dengan lancar, aman, dan terkendali.

Di tempat yang sama, Pj Sekda Kalbar Muhammad Bari menyatakan Pemerintah Provinsi Kalbar akan selalu bersinergi bersama TNI/Polri dalam menyukseskan pesta demokrasi tahun 2024.

"Kita mendukung penuh semua rangkaian pelaksanaan pengamanan Pemilu 2024 hingga mensukseskan pelaksanaan pemilu ini," kata Bari.

Bari juga menghimbau kepada masyarakat Kalbar untuk menggunakan hak pilih mereka dan ikut mensukseskan pesta demokrasi tahun ini.

"Saya mengimbau kepada masyarakat Kalbar, gunakan hak pilih sebaik mungkin. Dengan terselenggaranya apel gelar pasukan secara serentak di seluruh Indonesia, mari kita bersama-sama sukseskan pesta demokrasi tahun 2024 ini," katanya.

Baca juga: Panglima tegaskan TNI netral terlepas presiden kampanye atau tidak
Baca juga: Panglima cek langsung kesiapan TNI bantu pengamanan Pemilu 2024

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024