Mesin oksigen dari PT HMMI secara gratis diberikan kepada rumah sakit dan masyarakat saat pandemi namun usai pandemi tidak digunakan jadi dihibahkan kepada pemerintah daerah
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menerima hibah mesin oksigen generator dari pihak swasta, yakni PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) setelah menandatangani perjanjian serah terima yang berlangsung di perusahaan setempat, Desa Sukamukti, Kecamatan Bojongmangu itu.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan semula mesin oksigen ini secara medis dipersiapkan PT HMMI saat masa pandemi COVID-19 di rumah sakit selain juga membantu masyarakat Kabupaten Bekasi yang membutuhkan oksigen.

Baca juga: IPB-BRIN ciptakan mesin konsentrator oksigen

"Mesin oksigen dari PT HMMI secara gratis diberikan kepada rumah sakit dan masyarakat saat pandemi namun usai pandemi tidak digunakan jadi dihibahkan kepada pemerintah daerah," katanya di Cikarang, Kamis.

Dia mengatakan, bantuan hibah ini kemudian akan diserahkan pemerintah daerah kepada badan usaha milik daerah PT Bina Bangun Wibawa Mukti (BBWM) untuk dikelola dan diperuntukkan bagi kebutuhan pelayanan masyarakat.

"Kami harap dari pihak BBWM bisa menyalurkan kepada rumah sakit swasta dan negeri, masyarakat, maupun layanan lain yang memang membutuhkan oksigen medis," katanya.

Komisaris Utama PT BBWM Herman Hanafi mengatakan hibah mesin oksigen generator ini akan dikelola sebagai bentuk diversifikasi bisnis badan usaha milik daerah (BUMD) yang berguna untuk mensuplai, menjaga, dan menjamin ketersediaan kapasitas oksigen yang lebih aman.

Baca juga: Pemkab Sidoarjo terima bantuan 10 mesin konsentrator oksigen

"Hibah oksigen ini diberikan pengelolaannya kepada BUMD sehingga kebutuhan oksigen di Kabupaten Bekasi lebih aman. Ke depan akan ada diversifikasi usaha juga bersama bisnis yang ada saat ini," ucapnya.

Sementara itu, President Director PT HMMI Lee Bong Kyu berharap hibah mesin oksigen generator ini mampu memberikan dampak besar lain kepada masyarakat secara berkelanjutan sekaligus memberikan kontribusi besar bagi pemerintah daerah.

"Kami yakin mampu memberikan dampak besar ke depannya dan berkelanjutan, serta kami semua bisa memberikan kontribusi besar bagi Pemerintah Kabupaten Bekasi," kata dia.

Baca juga: NASA berhasil produksi oksigen di Mars berkat MOXIE

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024