Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik diwartakan Kantor Berita ANTARA pada hari Kamis (1/2) yang tampaknya masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. 33 personel Polri ukir prestasi pada misi perdamaian UNMISS

Sebanyak 33 personel Polri yang bertugas sebagai petugas polisi individu (IPO) mengukir prestasi dengan meraih penghargaan dari otoritas misi pemeliharaan perdamaian Unites Nations Mission in South Sudan (UNMISS) atas kontribusinya dalam menjaga perdamaian di wilayah Sudan Selatan.

Kepala Divisi Hubinter Irjen Pol. Krishna Murti dalam keterangannya kepada ANTARA di Jakarta, Kamis dini hari, menyampaikan penghargaan tersebut diberikan oleh UNMISS UNPOL Police Commissioner Christine Fossen di Payam UN House, Juba, Sudan Selatan, waktu setempat.

Selengkapnya baca di sini

2. Panglima tegaskan TNI netral terlepas Presiden kampanye atau tidak

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menegaskan TNI tetap netral terlepas dari kemungkinan Presiden RI Joko Widodo memutuskan berkampanye atau tidak.

Agus menyampaikan TNI berpegang teguh pada ketentuan perundang-undangan, yaitu Undang-Undang Pemilu dan Undang-Undang TNI yang jelas mengatur TNI tidak punya hak pilih, netral, dan tidak berpihak selama pemilihan umum.

Selengkapnya baca di sini

3. Presiden sebut Mahfud Menko Polhukam terlama menjabat di kabinetnya

Presiden Joko Widodo menyebut Mahfud Md. merupakan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) yang menjabat paling lama di kabinetnya selama dua periode ini.

Presiden mengemukakan hal itu saat menerima Mahfud Md. yang menyerahkan surat pengunduran diri sebagai menteri di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, sebagaimana diungkapkan Mahfud Md. usai pertemuan itu.

Selengkapnya baca di sini

4. Mahfud Md janji efektifkan balas jasa Aceh untuk NKRI jika jadi Wapres

Calon Wakil Presiden RI Mahfud Md. berjanji mengefektifkan balas jasa NKRI terhadap Aceh jika nantinya terpilih menjadi wakil presiden pada Pemilu 2024.

"Nanti kalau memang Tuhan menakdirkan saya menjadi wakil presiden atas dukungan rakyat Aceh, tentu balas jasa dari pemerintah pusat kepada rakyat Aceh akan diefektifkan," kata Mahfud Md. di Banda Aceh, Rabu malam.

Selengkapnya baca di sini

5. Pengamat: Maruarar Sirait energi baru untuk TKN Prabowo-Gibran

Pengamat politik dari Populi Center Usep Saepul Ahyar mengatakan bergabungnya Maruarar Sirait menjadi energi baru untuk Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

"Prabowo mendapatkan energi baru yang bisa diandalkan, bahkan dahulu Maruarar ini 'kan juga dari keluarga politisi, kemudian juga kariernya lumayan moncer di DPR beberapa periode, lalu hampir menteri," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu malam.

Selengkapnya baca di sini

 

Pewarta: Fauzi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024