Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden (Capres) RI Ganjar Pranowo akan menemui rakyat tiga kota, yaitu Palembang, Tuban, dan Jakarta pada hari ke-67 kampanye Pilpres 2024, Jumat.
 
Sementara itu, Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI Mahfud Md. pada hari ini akan mengunjungi masyarakat di Tanjung Balai, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.
 
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Tim Media Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Ganjar akan mengawali safari politiknya di Kota Palembang, Sumatera Selatan.
 
Ganjar bersama rombongan menggunakan pesawat khusus itu dijadwalkan tiba di Bandar Udara Internasional Sultan Mahfud Badarudin II, Palembang, Jumat pagi.
 
Kedatangan Ganjar di Palembang akan disambut Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud Provinsi Sumatera Selatan Yahya Maya Sakti dan para ketua partai politik pengusung Ganjar-Mahfud.
 
Penyambutan Ganjar akan ditandai pemasangan Tanjak atau Mahkota Kain oleh Ketua TPD Ganjar-Mahfud Sumatera Selatan.
 
Usai prosesi penyambutan, Ganjar akan blusukan ke Pasar Palimo, Kecamatan Kemuning, Kota Palembang, untuk bertemu sekaligus menyapa pedagang sambil mengecek harga kebutuhan pokok.
 
Ganjar bersama rombongan kemudian bergerak menuju Pasar 16 Ilir, sebuah pusat perbelanjaan terbesar dan legendaris di Kota Palembang, untuk menyapa rakyat dan para pedagang di Panggung Pasar 16 Ilir, Jalan Pasar Baru Nomor 3, Kota Palembang.
 
Selesai berkegiatan di Pasar Ilir 16, Ganjar dijadwalkan langsung bertolak menuju menuju Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur.
 
Capres berambut putih itu akan berorasi politik pada Kampanye Akbar di Lapangan Watu Gajah, Bejagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Baca juga: 134 ribu relawan Ganjar-Mahfud siap ramaikan hajatan rakyat di GBK
Baca juga: Politikus PDIP: Ganjar-Mahfud paket lengkap dan berpengalaman
 
Setelah itu, Ganjar berangkat ke Jakarta untuk menghadiri sarasehan DPD RI di Gedung MPR/DPR RI (Gedung Nusantara IV) Senayan, Jakarta.
 
Dalam sarasehan DPD RI bertema Menatap Kemajuan Daerah dan Sistem Ketatanegaraan RI, Ganjar akan menyampaikan visi dan misi Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Ganjar-Mahfud. Setelah itu, dilanjutkan tanya jawab.
 
Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mengundang tiga calon presiden yang berkontestasi pada Pilpres 2024 untuk menyampaikan komitmen kebangsaannya bagi persoalan fundamental bangsa.
 
Sementara itu, Cawapres Mahfud Md. akan mengawali aktivitasnya dengan jalan pagi di kawasan Monas, kemudian menghadiri acara perpisahan di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.
 
Selanjutnya, Mahfud didampingi rombongan akan bertolak menuju Tanjung Balai Karimun untuk menemui masyarakat dan bersilaturahmi jajaran pimpinan beserta anggota Gereja Katolik.

Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024