Temanggung (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, melakukan gerakan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el).

"Gerakan ini untuk menyelesaikan perekaman KTP-el bagi warga yang belum melakukannya sebagai syarat dalam pencoblosan pada Pemilu 2024," kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Temanggung Bagus Pinuntun di Temanggung, Jumat.

Hingga sekarang, kata dia, warga Temanggung yang belum melakukan perekaman KTP-el tercatat 1.198 orang. Mereka berada di tingkat desa maupun orang yang menempuh pendidikan di luar daerah itu.

Dalam gerakan penapisan tersebut, pihaknya meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memerintahkan kepada panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) dan disdukcapil meminta kepada camat dan kepala desa untuk ikut berpartisipasi guna menyelesaikan perekaman KTP-el.

"Kalau mereka mengetahui ada orang yang belum lakukan perekaman KTP-el, dibawa ke lokasi perekaman. Kami membentuk lima tim nanti dengan alat rekam terus menjelajah desa," katanya.

Selain itu, pada hari libur tim tetap bekerja ada siaga perekaman KTP-el nanti di samping Gedung DPRD Kabupaten Temanggung.

"Dengan demikian, pada tanggal 14 Februari 2024 semua orang tidak ada kendala administrasi dalam menggunakan hak pilih," katanya.

Baca juga: Disdukcapil: Ada ribuan pemilih pemula di Purwakarta belum rekam e-KTP
Baca juga: Disdukcapil Kota Bandung targetkan 17.564 pemilih pemula buat KTP


Sebelumnya, KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Setelah masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari. Selang sehari, 14 Februari 2024, pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, bersamaan dengan Pilpres 2024.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024