Sentani (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Papua, Hana S Hikoyabi meminta puskesmas tetap buka pada libur Lebaran 2024.

“Kami berharap pelayanan di puskesmas tetap buka untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” kata Hana S Hikoyabi di Sentani, Senin.

Menurut dia, pembagian jadwal nanti disesuaikan oleh pimpinan masing-masing, di mana petugas kesehatan yang beragama selain Islam yang melaksanakan tugas selama libur Lebaran 2024.

Baca juga: Puskesmas di Denpasar tetap buka saat cuti bersama Idul Fitri

“Diatur saja supaya pelayanan kesehatan di puskesmas tetap berjalan sehingga tidak ada masyarakat yang tidak memperoleh pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Dia menjelaskan pelayanan kesehatan itu penting untuk membantu serta menolong masyarakat dalam memperoleh pengobatan yang maksimal.

Baca juga: Puskesmas di Cianjur tetap beroperasi selama libur lebaran

“Petugas non-Muslim yang saat ini bertugas dalam memberikan pelayanan di puskesmas, begitu juga sebaliknya ketika Natal maka petugas Muslim yang berdinas,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Edward Sihotang mengatakan untuk pelayanan kesehatan tetap dibuka pada hari libur dan tetap memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Baca juga: Dinkes Surabaya: Puskesmas dan labkesda tetap beroperasi saat Lebaran

“Memang setiap Natal maupun Lebaran pelayanan kesehatan tetap dibuka baik puskesmas maupun rumah sakit, sehingga masyarakat yang sakit dan membutuhkan penanganan medis dapat langsung datang ke puskesmas terdekat maupun rumah sakit,” ujarnya.

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024