Posko kesehatan dibangun berdampingan dengan Pos Pam Polres Cianjur, sehingga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan dapat langsung ditangani dengan cepat karena petugas kesehatan disiagakan 1x24 jam
Cianjur (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat seluruh puskesmas di sepanjang jalur utama mudik Cianjur, tetap beroperasi selama libur hari raya termasuk menyiagakan pos kesehatan mulai H-7 hingga H+7.

Kepala Dinkes Cianjur, dr Yusman Faisal di Cianjur Senin, mengatakan posko kesehatan dibangun di empat titik mulai dari kawasan Puncak Pass, Rest Area Haurwangi, Kecamatan Gekbrong berbatasan dengan Sukabumi, dan di Bundaran Tugu Lampu Gentur.

“Posko kesehatan dibangun berdampingan dengan Pos Pam Polres Cianjur, sehingga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan dapat langsung ditangani dengan cepat karena petugas kesehatan disiagakan 1x24 jam secara bergantian," katanya.

Petugas medis yang diturunkan di masing-masing pos kesehatan sebanyak 12 orang terbagi dalam tiga shift selama 1×24 jam, sehingga berbagai pelayanan kesehatan akan diberikan petugas bagi pemudik yang membutuhkan saat melintas di jalur mudik Cianjur.

Baca juga: Dinkes DKI hadirkan posko kesehatan terintegrasi dukung mudik Lebaran
Baca juga: 100 puskesmas disiagakan selama mudik Lebaran di Riau


Termasuk pelayanan puskesmas di sepanjang jalur utama mulai dari Puskesmas Cipanas hingga Puskesmas Haurwangi perbatasan dengan Bandung Barat tetap beroperasi, sehingga warga atau pemudik yang membutuhkan pelayanan kesehatan tetap dapat terpenuhi.

"Seluruh puskesmas yang terletak di sepanjang jalan nasional, provinsi maupun kabupaten tetap beroperasi guna melayani warga dan pemudik yang membutuhkan layanan kesehatan, termasuk selama libur panjang hari raya," katanya.

Termasuk IGD di setiap puskesmas siaga 24 jam dengan petugas yang digilir setiap harinya, selama libur panjang hari raya, sehingga tidak ada pelayanan kesehatan di sepanjang jalur mudik di Cianjur yang tutup.

Warga dan pemudik yang membutuhkan pelayanan kesehatan dapat datang langsung ke puskesmas terdekat karena selama libur hari raya layanan kesehatan tetap diberikan, namun dengan sistem bergiliran bagi tenaga medis dan tenaga kesehatan yang bertugas.

"Silahkan laporkan kalau ada puskesmas di jalur mudik Cianjur yang tidak beroperasi, saya akan langsung tegur kepalanya. Tidak hanya puskesmas bagi warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan dapat melakukan di posko kesehatan," kata Yusman.

Baca juga: Semua puskesmas di jalur mudik pantura Kudus disiagakan 24 jam
Baca juga: Puskesmas di Garut tetap siaga layani pemudik selama libur Lebaran

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024