Mojokerto (ANTARA News) - Tim Ukyo Jepang memborong tiga dari lima kategori gelar yang diperebutkan pada lomba balap sepeda internasional "Polygon Tour de East Java 2013" yang menyelesaikan seluruh rangkaian balapan tiga etape di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jumat.

Tiga gelar tim Ukyo Jepang masing-masing dari kategori individu (yellow jersey) melalui pebalapnya Jose Vicente Toribio Alcalea setelah menempati posisi teratas dengan total waktu 9 jam 09 menit 36 detik.

Ia mengungguli Hari Fitrianto dari tim CCN Brunei Darussalam yang terpaut 2 menit 06 detik di urutan kedua, sedangkan peringkat ketiga ditempati David Clarke (Synergy Baku Cycling Project Azerbaijan) dengan tertinggal 2 menit 11 detik.

Tidak hanya jaket kuning (yellow jersey), pebalap asal Spanyol itu juga merebut jaket coklat sebagai raja tanjakan (King of Mountain) dengan mengoleksi 22 poin. Gelar ini tidak lepas dari kemenangannya di etape kedua Sidoarjo-Tosari, Pasuruan, Kamis (5/9), yang merupakan rute tanjakan, serta finis kedua di etape terakhir yang juga rute tanjakan.

Selain dua gelar individu dari Toribio Alcalea, Ukyo Jepang juga mengukuhkan diri sebagai juara kategori tim, setelah membukukan total waktu terbaik 27 jam 40 menit 52 detik. Mereka unggul jauh dari pesaingnya Aisan Racing Team Jepang yang tertinggal 15 menit 20 detik di peringkat kedua dan CCN Cycling Team Brunei Darussalam di posisi ketiga dengan terpaut 16 menit 39 detik.

"Sebenarnya kekuatan tim lain cukup bagus dan tidak bisa diremehkan, tetapi tim kami mampu memaksimalkan kesempatan untuk menjuarai balapan ini," kata Manajer tim Ukyo Jepang, Shuichi Inoue, kepada pers usai perlombaan.

Toribio Alcolea menambahkan dua gelar individu yang diraihnya pada balapan tahunan di Jawa Timur ini merupakan kemenangan seluruh timnya, karena para pebalap telah bekerja keras sejak perlombaan etape pertama.

Sementara untuk kategori pebalap Indonesia, peraih medali emas SEA Games 2011 Hari Fitrianto menjadi terbaik dengan mengoleksi total waktu 9 jam 11 menit 42 detik, mengalahkan rekan setimnya Fito Bakdo Prilanji dan Jamalidin Novardianto (Translibas Sidoarjo).

Satu lagi kategori raja sprint (green jersey) menjadi milik pebalap Jepang dari tim Aisan Racing, Taiji Nishitani, yang mengumpulkan 12 poin, diikuti Sergey Bormatenkov (Timnas Kazakhstan) dengan 11 poin dan Yukihiro Doi (Ukyo Jepang) 9 poin.

Balapan TdEJ 2013 diikuti sebanyak 65 pebalap dari 12 tim mancanegara (tujuh di antaranya tim kontinental) dan satu tim lokal, dengan menempuh tiga etape, yakni Surabaya-Sidoarjo 179,8 kilometer, Sidoarjo-Tosari, Pasuruan 84,5 kilometer dan Sidoarjo-Pacet, Mojokerto 78,4 kilometer. 

(D010/I007)

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013