Bekasi (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka memastikan seluruh wilayah di Indonesia akan memiliki akses internet yang cepat guna mempercepat hilirisasi digital.

"Jadi kita pastikan setiap daerah punya akses internet cepat. Infrastruktur digital tidak ada blind spot," kata Gibran saat beraudensi dengan beberapa komunitas pemuda Bekasi di kawasan Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat.

Menurut Gibran, infrastruktur Internet yang kuat akan membantu setiap kota menjalankan hilirisasi digital di bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Setelah hilirisasi digital terjadi, Gibran yakin setiap kota akan memiliki ekosistem digital yang sehat. Dia pun mencontohkan Solo Tekno Park yang dianggap sebagai pusat aktivitas di bidang digital yang digeluti anak muda.

Dengan sudah terbentuknya ekosistem digital, lanjut Gibran, seluruh kota akan memiliki sumber daya manusia (SDM) unggul di bidang ekonomi digital.

Baca juga: Gibran tekankan pentingnya hilirisasi digital

Baca juga: Timnas: Istilah hilirisasi digital tidak ada dalam literatur akademik


"Jadi yang terpenting hilirisasi digital, infrastruktur digital, ekosistem digital dan manusia digital," ujar Gibran.

KPU RI menetapkan tiga pasangan calon sebagai peserta Pemilu 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dari nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dari nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye pun ditetapkan oleh KPU berlangsung pada 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024, diikuti masa tenang pada 11–13 Februari 2024. Pemungutan suara presiden-wakil presiden dan anggota legislatif berlangsung serentak di seluruh wilayah Indonesia pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024