Banda Aceh (ANTARA) - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh memprioritaskan pengawalan dan pengawasan terkait distribusi logistik Pemilu 2024 ke pulau terluar di kabupaten kepulauan tersebut.

Ketua Panwaslih Kabupaten Simeulue Mitro Heriansa di Banda Aceh, Jumat, mengatakan ada beberapa tempat pemungutan suara (TPS) di pulau terluar di Kabupaten Simeulue.

"Kami prioritas pengawasan distribusi logistik pemilu ke TPS pulau terluar. Sebab, distribusi logistik pemilu ke pulau terluar itu membutuhkan penanganan khusus," katanya.

Mitro menyebutkan beberapa TPS di pulau terluar di antaranya di Pulau Teupah, Kecamatan Teupah Barat, dan Pulau Siumat di Kecamatan Simeulue Timur. Menuju ke dua pulau tersebut menggunakan kapal motor dengan jarak tempuh masing-masing sekitar dua jam pelayaran.

"Sekitar dua jam pelayaran. Itu dalam kondisi cuaca baik. Faktor cuaca ini juga harus diperhatikan, jangan sampai distribusi logistik pemilu terhambat. Dan ini juga yang sampai menghambat pemungutan suara," katanya.

Terkait jadwal distribusi logistik pemilu ke pulau terluar tersebut, Mitro Heriansa mengatakan pihaknya segera mengkoordinasikan dengan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Simeulue.

"Yang menentukan kapan distribusi logistik pemilu tersebut adalah KIP Simeulue. Kami mengawasi distribusi logistik untuk memastikan semua proses pergerakannya tidak melanggar prosedur," kata Mitro Heriansa.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 94 ribuan jiwa.

Pemilu 2024 terdiri pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI serta pemilihan anggota DPR provinsi dan DPR kabupaten/kota.

Pemungutan suara pemilu legislatif dijadwalkan 14 Februari 2024. Pemungutan pemilu legislatif tersebut digelar serentak dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Baca juga: Seluruh TPS di Jakbar masuk kategori kurang rawan
Baca juga: Bawaslu Sumbawa awasi distribusi logistik di daerah terisolir

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024