Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan berjanji akan membangun daerah-daerah kepulauan di Indonesia seperti yang pernah dirinya lakukan terhadap daerah Kepulauan Seribu di utara daratan Jakarta.

Menurutnya Jakarta merupakan satu-satunya kota di dunia yang memiliki kepulauan. Dia mengatakan negara perlu memberikan kesetaraan kesempatan kepada daerah-daerah lain dan rakyatnya.

"Siapa yang menanggung, negara. Negara mengambil alih biaya pergeseran logistik ke pulau," kata Anies saat menjawab pertanyaan Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono dalam forum Sarasehan DPD RI bersama Calon Presiden di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat.

Dia menjelaskan saat dirinya menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, pembangunan beragam sektor dilakukan di Kepulauan Seribu.

Di antaranya, kata dia, dengan membangun Pasar Induk di Kepulauan Seribu agar rakyat setempat tidak perlu berbelanja ke Pasar Induk Kramat Jati yang berada di Jakarta Timur.

Kemudian dia mengaku membangun sistem air bersih yang mampu diminum langsung oleh masyarakat. Karena menurutnya pembangunan sistem air bersih dan sistem air minum biayanya hampir sama.

"Ketika saya ketemu mereka, mereka butuh kapal itu supaya cepat. Saya datang ke sana lagi, dan mereka mengatakan Pak Anies kami butuhnya sekarang ATM. Itu menggambarkan peredaran perekonomian," katanya.

Selain itu, kini menurutnya Kepulauan Seribu telah memiliki ambulans yang berbasis perahu. Namun, kata dia, ambulans perahu itu memungkinkan untuk dijadikan tempat untuk melakukan tindakan medis.

"Kami kerjakan itu di Pulau Seribu untuk mengirimkan pesan bahwa Insya Allah kita akan lakukan hal yang sama untuk kepulauan yang ada di seluruh Indonesia," katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Anies sebut forum DPD undang capres tingkatkan kualitas pilpres
Baca juga: Round up - Kampanye hari ke-66, para capres beradu janji

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024