Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Taufik Azhar meminta anak muda Jakarta
memanfaatkan pelatihan keterampilan secara gratis di Balai Latihan Kerja (BLK) Condet dan BLK Pasar Rebo, Jakarta Timur.

"Kehadiran BLK sangat dibutuhkan terutama bagi para pencari kerja pemula yang masih asing dengan kebutuhan pasar kerja," kata Taufik kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Taufik menuturkan dengan mengikuti BLK maka anak muda bisa berlatih dan memiliki keterampilan sebelum melamar kerja.

Terlebih, setiap peserta pelatihan kerja mendapat beberapa fasilitas seperti seragam, jajanan, makan siang hingga sertifikat.

Baca juga: KPKP DKI targetkan bisa tingkatkan omzet 325 pelaku UMKM pada 2024

Menurut Taufik, BLK sanggup meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di pasar kerja, termasuk bekerjasama dengan pihak ketiga atau perusahaan swasta. "Peluang peserta yang berprestasi bisa langsung ditarik untuk bekerja," ujarnya.

Anggota DPRD DKI Dimaz Raditya berharap kaum milenial bisa turut mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya dalam dunia usaha. Apalagi masih banyak wirausahawan muda yang membutuhkan modal.

“Kalau ada program-program yang bagus, kita lanjutkan dan program-program baru yang bisa mendorong ekonomi untuk anak muda bisa kita lakukan,” kata Dimaz.

Dimaz pun memastikan untuk membawa aspirasi masyarakat yang mempercayakan suara padanya untuk memperoleh akses permodalan yang lebih mudah.

Baca juga: DKI komitmen wujudkan tertib ukur di bidang perdagangan

Dengan adanya akses permodalan yang mudah, kata Dimaz, angka pengangguran di DKI Jakarta bisa berkurang karena secara otomatis akan tercipta banyak lapangan tenaga kerja.

“Karena tingkat pengangguran di DKI ini sangat besar ya, nah di situ saya ingin mereka supaya bisa dapat modal usaha yang gampang dan cepat,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memfasilitasi pelatihan teknik digitalisasi bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam strategi pemasaran digital.

"Pemprov DKI melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah​​​​​​​ (PPKUKM) telah memfasilitasi pemberian pelatihan teknik digitalisasi kepada pelaku usaha," kata Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024