“Oh pasti-pasti. Ketika kita berdebat itu enggak bisa kita hanya bicara konsep tanpa melihat fakta yang ada di lapangan,”
Jakarta (ANTARA) -
Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo akan membawa aspirasi masyarakat yang disampaikan kepadanya saat blusukan ke pasar tradisional di berbagai wilayah di Indonesia dalam Debat Capres Kelima yang akan digelar pada Minggu (4/2).
 
Salah satu contoh blusukan Ganjar adalah ketika berkunjung ke Pasar Palimo dan Pasar 16 Ilir di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat. Ganjar menyebut kunjungannya itu sekaligus sebagai bahan persiapan debat capres.
 
“Oh pasti-pasti. Ketika kita berdebat itu enggak bisa kita hanya bicara konsep tanpa melihat fakta yang ada di lapangan,” ujar Ganjar dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Jumat.
 
Tak hanya ke pasar saja, Ganjar bercerita saat dirinya menemui peternak ayam hingga petani. Di situlah dia mendapatkan beragam masukan mengenai harga bahan yang mahal dan tidak stabil.
 
Atas hal itu, Ganjar tidak ingin adanya kesulitan yang dialami oleh pedagang, peternak, petani hingga masyarakat. Sehingga nantinya akan disampaikan oleh dirinya dalam debat mendatang.
 
“Kita bicara tinggi-tinggi banget, wah harganya tinggi kita turunkan, problemnya ketemu kok,” tutur Ganjar.
 
Selain itu, dari apa yang ditemuinya di pasar ataupun saat berdialog diharapkan nantinya bisa langsung diterapkan saat menjadi Presiden. Karena dia berkomitmen ingin menghadirkan harga bahan pokok yang murah bagi masyarakat.
 
“Terbayangkan enggak kalau pemerintah mengintervensi dengan cara apa beli saja banyak banyak telurnya kasihkan untuk peningkatan gizi wabil khusus ibu hamil terus gizi buruk dan sebagainya. Itu udah paling gampang dan kita mampu melaksanakan itu. Pertanyaannya, kenapa kita tidak mau melakukan?” kata Ganjar.
 
Debat Capres Kelima akan mengusung tema Kesejahteraan Sosial, Pembangunan SDM dan Inklusi. Sub tema debat meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, kesejahteraan sosial dan inklusi.
 
KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11-13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024