Qingdao (ANTARA) - CRRC Sifang dan PT Kereta Commuter Indonesia menandatangani sebuah kontrak suplai rangkaian kereta electric multiple unit (EMU).

Kerja sama ini merupakan terobosan lain dari CRRC Group di pasar Indonesia setelah proyek EMU Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Dan ini juga kali pertama bagi China dalam mengekspor EMU komuter ke Indonesia, menurut CRRC Sifang Co., Ltd. di Qingdao, China, pada Selasa (30/1).

Di bawah kontrak tersebut, CRRC Sifang akan menyediakan tiga rangkaian kereta EMU baru untuk PT Kereta Commuter Indonesia.

Kereta-kereta itu dirancang dengan kecepatan maksimum 120 km/jam. Kereta tersebut juga akan memiliki 12 gerbong yang dapat mengangkut 3.396 orang.

Bodi berbahan baja anti karat akan digunakan sesuai dengan ukuran lebar rel standar lokal 1.067 mm. Sejumlah fasilitas layanan baru akan ditambahkan seperti peta elektronik dinamis LED dan konsol kontrol yang mudah dioperasikan. Kereta baru itu diperkirakan akan dikirim pada 2025

CRRC telah menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan Indonesia. Sebelumnya, CRRC Sifang merancang dan memproduksi EMU berkecepatan 350 km/jam untuk kereta cepat Jakarta-Bandung yang dioperasikan pada Oktober 2023 dan mencapai pengoperasian yang berkelanjutan, aman, dan andal.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2024