kerja sama tidak hanya terbatas dengan Prodi D3 Agribisnis dan D3 Usaha Perjalanan Wisata .....
Solo (ANTARA) - Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret (SV UNS) Surakarta turut mengambil bagian pada pengembangan pariwisata di Jawa Tengah melalui kerja sama dengan Desa Wisata Nusantara (Dewisnu).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Program Studi (Kaprodi) D3 Agribisnis SV UNS Raden Kunto Adi di Solo, Jawa Tengah, Sabtu, mengatakan kerja sama dengan Dewisnu Provinsi Jawa Tengah telah ditandatangani beberapa waktu lalu.

Menurut dia, kerja sama tidak hanya terbatas dengan Prodi D3 Agribisnis dan D3 Usaha Perjalanan Wisata tetapi juga dilaksanakan dengan semua program studi lain yang ada di SV UNS yang potensial.

Baca juga: UNS kembangkan fasilitas pendidikan di Kabupaten Kebumen

Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan selama berjalannya kerja sama, salah satunya dalam bentuk penelitian tentang biji kopi. Selain itu juga pengembangan desa wisata, magang mahasiswa, dan kuliah praktisi.

Ia mengatakan rencananya kerja sama tersebut akan dijalankan selama dua tahun. Meski demikian, pihaknya berharap ke depan kerja sama dapat terus berlanjut.

"Dengan diadakannya kegiatan ini, harapannya kerja sama yang dilaksanakan akan terus berkelanjutan sesuai dengan program yang telah direncanakan," katanya.

Ia berharap selama menjalankan kegiatan kerja sama, mahasiswa dapat terjun langsung ke masyarakat.

Baca juga: Pemkot Denpasar dan Inggris bahas kerja sama pariwisata dan teknologi

Sementara itu, dikatakannya, kerja sama tersebut juga dalam rangka memenuhi Sustainable Development Goals (SDG’s), dalam hal ini memenuhi kriteria pendidikan berkualitas serta industri, inovasi, dan infrastruktur.

Terkait hal itu, Dekan SV UNS Santoso Tri Hananto mengatakan pendidikan vokasi memang harus bersinergi dengan dunia industri, salah satunya dengan Desa Wisata Nusantara.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024