Batam (ANTARA) - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menargetkan partainya meraih satu kursi DPR RI di Pemilu 2024.

"Target suara di Batam sebanyak mungkin, untuk DPR RI kalau bisa 1 kursi, yang provinsi bisa 3 kursi, kalau yang kota masih saya hitung," kata Kaesang saat menghadiri acara "Mawar Menawan, Memenangkan Prabowo Gibran bersama PSI" di Kota Batam, Kepulauan Riau, Sabtu.

Dalam kesempatan itu, Kaesang juga meminta masyarakat untuk memilih kader-kader PSI yang menjadi caleg di Pemilu 2024.

"Jangan lupa PSI, ya. Saya mohon dukungan Bapak, Ibu semuanya," kata putra bungsu Presiden Joko Widodo itu.

Baca juga: Kaesang komentari mundurnya Mahfud, apresiasi kerja Menko Polhukam

Kaesang juga mengajak masyarakat agar tidak mencoblos gambar Prabowo, melainkan untuk mencoblos gambar Gibran Rakabuming Raka.

"Coblos matanya (Gibran) saja, jangan coblos Pak Prabowo; karena saya adiknya Mas Gibran, saya ada kesal sama dia. Makanya saya (akan) coblos matanya," katanya.

Menanggapi banyaknya desakan untuk Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto untuk mundur dari jabatannya, seperti yang dilakukan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD, Kaesang menyampaikan hal tersebut kembali terhadap keputusan Prabowo.

"Saya kembalikan kepada Pak Menhan dan selama ini aturannya juga tidak mempermasalahkan. Kalau soal Pak Ahok mundur, ya biasa saja, karena memang sudah ingin mundur kok. Itu hal yang biasa," kata Kaesang.

Sementara itu, mengenai tanggapan negatif yang terus muncul kepada Presiden Jokowi Widodo, ayahnya, Kaesang menanggapi di situasi dan kondisi politik saat ini hal itu biasa terjadi.

Baca juga: Kaesang yakin PSI bisa raih suara banyak di Jabar dan Jatim

"Tak apa. Orang kan punya tanggapan, punya pendapat masing-masing. Tidak ada masalah," ujar dia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Kaesang ajak masyarakat Malang pilih 02 dengan coblos "Lambene Samsul"
 

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024