Malang (ANTARA) -
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Kaesang Pangarep mengajak masyarakat di Kota Malang untuk memilih Pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan mencoblos bagian mulut Gibran yang disampaikan dengan Bahasa Jawa atau "Lambene Samsul" (mulut Gibran).

"Lambene Samsul (bagian mulut Gibran) dicoblos yo," kata Kaesang sambil menusuk surat suara raksasa dengan menggunakan tongkat kayu saat berkampanye di GOR Ken Arok Malang, Kamis, dengan menyapa warga Malang menggunakan bahasa Jawa.
 
Samsul merupakan julukan yang dibuat oleh warganet kepada Gibran dikarenakan Wali Kota Solo tersebut sempat salah menyebut asam folat menjadi asam sulfat saat berkampanye. Salah penyebutan asam sulfat yang merupakan zat kimia berbahaya bagi manusia itu disingkat menjadi Samsul untuk menjuluki Gibran.
 
Namun, Kaesang justru memanfaatkan kesalahan kakaknya menjadi bahan kampanye untuk memperkuat penamaan Gibran sebagai Samsul. Bahkan, Kaesang membuat kaos Pecinta Samsul Indonesia yang merupakan kepanjangan dari PSI dengan foto Gibran, dan dibagi-bagikan kepada peserta kampanye.
 
"Jangan dicoblos Pak Prabowo-ne. Nah iki loh raine (wajahnya) Mas Gibran dicoblos. Iki coblos raine Mas Gibran yo," kata Kaesang.
 
KPU RI menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024