Lumajang (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar berjanji akan memprioritaskan anggaran untuk petani, nelayan, hingga peternak jika terpilih memenangi Pilpres 2024.

"Yang paling menderita karena perubahan iklim, krisis iklim, adalah petani, nelayan, dan peternak. Mereka harus diprioritaskan karena menjadi pahlawan yang menyediakan pangan bagi bangsa," kata Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar, saat istigasah di Lapangan Randuagung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu.

Menurut Muhaimin, pembangunan baik akan diteruskan dan pembangunan salah akan dihentikan, seperti anggaran untuk lumbung pangan atau food estate yang mencapai hingga puluhan triliun rupiah tersebut.

"Anggaran tersebut seharusnya dialokasikan untuk pupuk bersubsidi bagi para petani, bahan bakar minyak (BBM) bagi kapal nelayan, dan bantuan modal bagi para peternak," tuturnya.

Baca juga: Guz Jazil: Kentongan gratis dibagikan saat kampanye akbar AMIN di JIS

Selain itu, dia juga berjanji akan menyediakan anggaran sebesar Rp150 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk investasi bagi kaum muda.

"Juga disiapkan kaum muda Indonesia untuk bisa menikmati bonus demografi, tidak boleh disia-siakan, waktunya pendek dan sangat terbatas. Sehingga, pemerintah harus punya siasat yang tepat dengan anggaran yang diinvestasikan," jelas Muhaimin.

Dia menjelaskan anggaran sebesar Rp150 triliun dari APBN itu setiap tahunnya akan digunakan untuk meningkatkan kapasitas bisnis, kemampuan wiraswasta, sekaligus permodalan bagi kaum muda Indonesia.

Muhaimin juga mengucapkan terima kasih kepada warga yang hadir di Lapangan Randuagung meskipun diguyur hujan lebat. Menurut dia, hal itu menjadi penanda bahwa kesetiaan dan ketulusan masyarakat untuk AMIN tidak bisa dibeli dan dirusak oleh apa pun.

Baca juga: Alumni ITS Pro Perubahan deklarasi dukung AMIN di Pilpres 2024

"Hormat saya dan Mas Anies kepada seluruh rakyat Lumajang pendukung AMIN. Insyaallah, ketulusan panjenengan semua akan bersatu dengan semangat dan keringat pendukung AMIN seluruh Indonesia. Salam Perubahan!" ujar Muhaimin.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Anies sebut dukungan alumni Ponpes Gontor jadi energi positif 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024