Surabaya (ANTARA) -
Puluhan orang yang mengatasnamakan Aliansi Alumni Airlangga untuk Perubahan (A3P) mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) pada Pilpres 2024.

"Kami dari alumni Universitas Airlangga dari segala penjuru dan angkatan yang ada dari Sabang sampai Merauke, hari ini berkumpul di Taman Bungkul, tepatnya di Kedai Ketan Punel, mendeklarasikan dukungan untuk capres nomor urut 1 Bapak Anies Baswesan dan cawapres Muhaimin Iskandar," kata Ketua A3P Achmad Hariyanono usai deklarasi di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu.

Achmad menjelaskan acara deklarasi dukungan terhadap pasangan calon AMIN tersebut merupakan momentum untuk menentukan perubahan di Indonesia.

"Karena rakyat Indonesia ini sudah sangat mendambakan seorang pemimpin yang amanah yang adil, yang jujur, dan juga mempunyai rekam jejak yang baik; dan salah satunya yang kami pilih, seluruh alumni kami sepakat, beliau Anies Baswedan," kata Achmad.

Baca juga: Alumni Boedoet 145 yakin AMIN akan bawa bangsa Indonesia lebih baik

Dia menegaskan landasan untuk mendukung pasangan calon AMIN karena Anies Baswedan dianggap memiliki rekam jejak yang baik saat menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta.

"Salah satunya, Pak Anies mempunyai rekam jejak yang jelas. Sebelum mencalonkan capres ini adalah seorang gubernur DKI Jakarta dengan keberhasilannya, prestasinya, membangun Jakarta begitu bagus. Nanti, keberhasilan Pak Anies di Jakarta akan ditularkan di seluruh Indonesia," jelasnya.

Selain memiliki rekam jejak kepemimpinan yang baik di DKI Jakarta, dia menilai Anies juga memiliki gagasan bagus untuk Indonesia lebih baik.

Baca juga: Anies sebut dukungan alumni Ponpes Gontor jadi energi positif 

"Kami yakin Pak Anies track record yang baik dari calon-calon yang ada. Gagasannya juga bagus. Kami, insyaallah, memilih beliau atas dasar itu," tambah Achmad.

Dia pun mengaku optimistis pasangan calon AMIN bisa memenangi Pilpres 2024, karena mereka berdua juga turun ke lapangan untuk menerima aspirasi masyarakat secara langsung.

"Kami optimistis sekali. Jadi, kami semua sudah bergerak, kami juga menggalang aspek masyarakat, baik lintas sosial masyarakat maupun dari perguruan tinggi lain. Kami juga berkolaborasi. Insyaallah kami bisa memenangkan AMIN untuk pemilihan 14 Februari nanti," jelasnya.

Baca juga: Timnas pastikan kampanye akbar terakhir AMIN di JIS sesuai jadwal

Dalam acara deklarasi dukungan kepada AMIN tersebut, Achmad mengungkapkan banyak anggota A3P yang datang dan dari lintas angkatan.

"Dari kekuatan alumni, yang ada dan sudah terdaftar, ada sekitar 5 ribuan (orang), itu yang sudah terdaftar; yang belum terdaftar masih banyak, dari mulai angkatan tahun 1973 dan lintas 2021, tahun 1971 juga ada," ujarnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Alumni ITS Pro Perubahan deklarasi dukung AMIN di Pilpres 2024

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024