Ambon (ANTARA) - Komando Daerah Militer (Kodam) XVI/Pattimura melakukan aksi rehabilitasi kawasan hutan dan lahan basah melalui kegiatan perkemahan Pramuka di kawasan Waiheru Kota Ambon.

"Tujuan dilaksanakannya kegiatan bertema 'Bersatu dengan alam rehabilitasi kawasan hutan dan lahan basah' adalah melaksanakan pembinaan kepramukaan Saka Wira Kartika sebagai bentuk tanggung jawab moral dan panggilan jiwa untuk membina serta membentuk generasi muda bangsa agar memiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat sehingga menjadi generasi yang mampu dan mengisi kemerdekaan," ucap Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial dalam keterangan yang diterima di Ambon, Sabtu.

Pangdam berharap kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan tentang kepramukaan, tetapi juga memberikan pemahaman tentang kesadaran terhadap lingkungan yang merupakan tanggung jawab moral seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali, termasuk Pramuka.

Baca juga: KLHK minta anggota Pramuka jadi pionir kelestarian lingkungan hutan

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak melalui daring mengatakan kegiatan ini diharapkan pula dapat mengembalikan fungsi hutan ke dalam perannya sebagai paru-paru dunia guna membangun kembali habitat alam dan ekosistemnya serta mencegah pemanasan global.

"Hal ini selaras dengan tema kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu Saka Wira Kartika Tahun 2024 yang sejalan dengan poin Dasa Dharma Pramuka yang kedua," katanya.

Maruli berpesan kepada peserta Pramuka Saka Wira Kartika agar menjadi generasi muda bangsa yang memiliki nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, serta kepedulian tentang melestarikan lingkungan dan alam sekitar.

Pada kegiatan itu juga dilakukan penyerahan bibit pohon dan sembako kepada peserta, pelatih, komunitas pencinta alam, prajurit Yonif 733/Masariku, dan masyarakat.

Baca juga: KLHK: Anggota pramuka harus jadi agen penjaga lingkungan hidup

Selain itu, juga karya bakti berupa penanaman 1.000 bibit pohon sebagai komitmen TNI dalam ikut andil menjaga dan melestarikan lingkungan.

Kegiatan Persami Saka Wira Kartika Kodam XVI/Pattimura ini dilaksanakan selama dua dan diikuti oleh 130 orang anggota Saka Wira Kartika baik tingkat penegak, pandega, pelatih maupun pembina.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi, Irdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Dadang Rukhiyana, Kapoksahli Pangdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Syaeful Mukti Ginanjar.

Kemudian Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Aminton Manurung, para Asisten, Kabalak, dan Dansat jajaran Kodam XVI/Pattimura, Komunitas pencinta alam Provinsi Maluku dan pejabat Kwarda serta Kwarcab Provinsi Maluku.

Baca juga: Kodam XVI Pattimura aksi bersih sungai di Ambon peringati HUT ke-24

Hadir pula Ketua Persit KCK Daerah XVI/Pattimura Shinta Syafrial, Wakil Ketua Persit KCK Daerah XVI/Pattimura Nini Agung Pambudi beserta pengurus.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024