Jakarta (ANTARA) - Kampanye Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 pada hari ke-68, Sabtu (3/2), dimanfaatkan oleh ketiga pasangan calon untuk menyuarakan visi dan misi kepada masyarakat di Pulau Jawa.

Pasangan calon nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) berkampanye di Lumajang, Jawa Timur.

Kemudian, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berkampanye ke Tangerang, Banten.

Sementara itu, capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo memilih berkampanye di Jakarta; sedangkan cawapres Mahfud MD ke Batam, Kepulauan Riau.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan pemungutan suara dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Februari 2024.

Berikut rangkuman kegiatan ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada hari ke-68 kampanye:

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Anies tidak memiliki agenda kampanye, sedangkan Muhaimin (Cak Imin) menghadiri apel akbar, yaitu istighatsah dan shalawat kemenangan untuk AMIN di Lapangan Randuangung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Cak Imin berjanji akan memprioritaskan anggaran untuk petani, nelayan, hingga peternak jika terpilih memenangi Pilpres 2024.

"Yang paling menderita karena perubahan iklim, krisis iklim, adalah petani, nelayan, dan peternak. Mereka harus diprioritaskan karena menjadi pahlawan yang menyediakan pangan bagi bangsa," kata Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar, saat istigasah di Lapangan Randuagung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu.

Menurut Muhaimin, pembangunan baik akan diteruskan dan pembangunan salah akan dihentikan, seperti anggaran untuk lumbung pangan atau food estate yang mencapai hingga puluhan triliun rupiah tersebut.

Kemudian, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu melakukan kegiatan "Nitip Gus" di kabupaten yang sama, guna menyerap aspirasi dari perajin perak, petani tembakau, dan pegiat pariwisata pada pukul 13.30 WIB.

Pada sore harinya, pukul 16.00 WIB, mantan menteri tenaga kerja dan transmigrasi itu melakukan kegiatan "Slepet Imin" di Kota Cinema Mall Jember, Kabupaten Jember.

Di tempat tersebut, Muhaimin mendengarkan keluh kesah masyarakat dari berbagai lapisan, seperti mahasiswa, pelajar, pekerja profesional, dan buruh.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

Prabowo sama seperti Anies tidak memiliki agenda kampanye. Kendati demikian, cawapres Prabowo, Gibran mengunjungi lima titik wilayah di Tangerang, Banten.

Salah satu lokasi yang dikunjungi adalah Pasar Modern BSD City di Tangerang Selatan, pada Sabtu pagi. Gibran bersama istrinya, Selvi Ananda, berbelanja buah dan sayur di pasar tersebut sambil menyapa warga.

Ganjar Pranowo-Mahfud Md

Ganjar mengawali kampanye dengan menghadiri agenda jalan sehat di Taman Kota Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara. Di sana, dia yakin warga di sekitar Waduk Pluit tak akan mudah menggeser pilihannya karena menerima bantuan sosial (bansos).

“Maka tadi saya tanyakan anda siap datang (ke TPS). Anda takut? Tidak katanya. Jangan-jangan nanti dikasih bantuan-bantuan, anda geser? Tidak Pak, katanya,” kata Ganjar dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Dalam paparan programnya, Ganjar menegaskan tetap akan melanjutkan bansos untuk rakyat, namun dengan tepat sasaran.

Selanjutnya, Ganjar menerima organisasi perempuan yang dikepalai oleh mantan Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardani.

Menurut Ganjar, isu-isu tentang keperempuanan menjadi komitmen bagi dirinya bersama calon wakil presiden Mahfud Md, sehingga sempat disinggung oleh dirinya dalam beberapa kesempatan kampanye.

Sementara itu, Mahfud menghadiri acara fun walk dengan Partai Hanura di Coastal Area, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, pada Sabtu pagi.

Mahfud kemudian menuju Jakarta untuk secara bersama-sama dengan Ganjar menghadiri acara dukungan alumni Universitas Indonesia (UI) bersama Ganjar-Mahfud di One Belpark Cinere, Jakarta.

Setelah itu, Ganjar-Mahfud hadir kampanye akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, dengan mengendarai motor. Saat berorasi, dia tidak ingin rakyat diperlakukan seperti ayam sebab rakyat dapat menentukan pilihan sendiri pada Pilpres 2024.

Dia juga berjanji bahwa dirinya bersama calon wakil presiden Mahfud Md akan selalu bersama rakyat jika terpilih pada Pilpres 2024.

 

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024