Yogyakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Yogyakarta mengebut proses pengepakan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan didistribusikan ke panitia pemilihan kecamatan di wilayah tersebut.

"Pengepakan untuk logistik di dalam kotak suara sudah selesai tanggal 1 Februari 2024, dilanjutkan pengepakan kebutuhan logistik di luar kotak suara hingga hari ini," ujar Ketua KPUD Yogyakarta, Noor Harsya Aryosamodro, dihubungi di Yogyakarta, Minggu.

Baca juga: KPU Boyolali mulai distribusikan kotak suara ke PPK besok

Ia mengatakan, pengepakan logistik dikebut setelah proses sortir dan lipat surat suara di Gudang KPU Kota Yogyakarta rampung pada akhir Januari 2024.

Proses pengepakan, kata dia, dibagi menjadi dua yakni untuk logistik di dalam kotak suara berisi surat suara, sampul, formulir, hingga tinta dan di luar kotak suara seperti bilik suara, alat tulis, hingga berbagai tanda pengenal petugas di TPS.

Ia memastikan proses pengepakan dilakukan petugas dengan cermat mengacu tata cara pelaksanaan baku yang disertai mitigasi risiko kesalahan penempatan dan kesalahan jumlah logistik. "Kami berharap 'setting' pengepakan logistik ini bisa sesuai dengan harapan sesuai SOP di gudang," kata dia.

Baca juga: KPU OKU prioritaskan pendistribusian logistik ke TPS terjauh

Setelah seluruh proses pengepakan tuntas, lanjut dia, KPU Yogyakarta segera menyiapkan proses distribusi logistik hingga di TPS yang diperkirakan dilakukan pada H-1 atau H-2 pemungutan suara.

Sesuai regulasi, menurut dia, logistik sudah harus tiba di TPS satu hari sebelum pemungutan suara, yakni 13 Februari 2024. "Soal kapan kami distribusikan kami akan menggelar rapat pleno perencanaan distribusi logistik," ucap dia.

KPUD Yogyakarta mencatat 321.645 orang masuk daftar pemilih tetap untuk Pemilu 2024, terdiri atas 166.851 pemilih perempuan dan 154.794 pemilih laki-laki. Mereka akan memilih di 1.298 tempat pemungutan suara yang tersebar di 14 kecamatan.

Baca juga: Polresta Bandarlampung siap kawal pergeseran logistik pemilu ke PPK

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024