Jakarta (ANTARA) - Google Assistant tidak lagi tersedia pada semua model TV Samsung mulai 1 Maret 2024, menyusul peniadaan diam-diam fitur tersebut dari deretan produk televisi Samsung tahun 2023.

Menurut siaran Gizmochina pada Minggu (4/2), penghentian penyediaan fitur Google Assistant meliputi semua model TV pintar Samsung, termasuk semua model TV tahun 2022 dan 2021, TV QLED 8K dan 4K tahun 2020, TV Crystal UHD 2020, dan TV Lifestyle 2020 (Frame, Serif, Terrace, dan Sero).

Samsung mulai mengintegrasikan Google Assistant ke dalam lini produk TV pada 2020, tetapi fitur tersebut sekarang dihapus dari semua model yang didukung.

Samsung menyampaikan bahwa peniadaan fitur tersebut dilakukan karena "ada perubahan dalam kebijakan Google", tetapi belum memberikan penjelasan spesifik mengenai hal itu.

Baca juga: Google akan hadirkan fitur AI generatif untuk Assistant

Sementara itu, Google baru-baru ini membuat perubahan pada Google Assistant dengan menghapus 17 fitur. Namun, belum diketahui apakah perubahan itu berhubungan dengan peniadaan fitur pada TV Samsung.

Setelah Google Assistant ditiadakan pada TV Samsung, pemilik produk dapat beralih ke asisten suara pra-instal lain seperti Samsung Bixby dan Amazon Alexa.

Baca juga:
Samsung terus kembangkan Micro LED pertahankan posisi pasar tv premium
Conan O'Brien luncurkan saluran "streaming" gratis di Samsung TV Plus

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024