Karawang (ANTARA News) - Kementerian Agama Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengimbau agar para calon haji yang akan berangkat ke Tanah Suci pada 10 September 2013 membatasi barang bawaan.

"Kita mengimbau agar mereka (para calon haji) tidak banyak membawa barang bawaan, karena akan merepotkan nantinya," kata Kepala Seksi Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama setempat Wirmo, di Karawang, Senin.

Dikatakannya, barang bawaan yang kurang bermanfaat dan lebih baik tidak dibawa para calon haji asal Karawang ialah seperti rokok, perhiasan, dan lain-lain.

Menurut dia, barang-barang yang dibawa itu hendaknya benar-benar barang yang bermanfaat dan bisa membantu calon haji di tanah suci.

Lagi pula, katanya, jika membawa barang yang kurang bermanfaat juga dikhawatirkan menjadi pelanggaran, khususnya di bandara internasional.

Rombongan jamaah calon haji asal Karawang pada musim haji tahun ini yang dibagi menjadi lima kelompok terbang (kloter), salah satu kloternya akan berangkat pada 10 September 2013. Kloter yang akan berangkat pertama pada 10 September itu  kloter 2, sebanyak 444 orang.

Sesuai dengan data Kemenag Karawang, jamaah calon haji Karawang pada tahun ini mencapai 1.714 orang. Dibagi menjadi lima kloter, yakni kloter 2, 19, 29, 36 dan kloter 40.

Untuk rombongan calon haji Karawang yang masuk kloter 2 sebanyak 444 orang, sebanyak 121 orang yang masuk kloter 19, sebanyak 290 orang di kloter 29, sebanyak 444 orang masuk kloter 36 serta sisanya masuk kloter 40.

"Dari lima kloter tersebut, jamaah calon haji asal Karawang ada yang bergabung dengan jamaah calon haji asal daerah lain dalam satu kloternya," kata Wirmo.

(KR-MAK/Z002)

Pewarta: M Ali K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013