perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor merupakan kategori yang mengalami pertumbuhan tertinggi mencapai 9,95 persen
Gorontalo (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo mencatat perekonomian Gorontalo pada tahun 2023 tumbuh sebesar 4,50 persen yang terjadi pada sebagian besar lapangan usaha.

"Di antaranya perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor merupakan kategori yang mengalami pertumbuhan tertinggi mencapai 9,95 persen," ucap Kepala BPS Provinsi Gorontalo Mukhamad Mukhanif di Gorontalo, Senin.

Pertumbuhan selanjutnya diikuti pengadaan listrik dan gas sebesar 6,29 persen, serta transportasi dan pergudangan sebesar 6,18 persen.

Untuk ekonomi Gorontalo triwulan IV tahun 2023 terhadap triwulan IV tahun 2022, tumbuh sebesar 4,92 persen. Pertumbuhan terjadi pada sebagian besar lapangan usaha.

Yaitu kategori jasa kesehatan dan kegiatan sosial mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 10,05 persen, diikuti perdagangan besar dan eceran, dan reparasi mobil dan sepeda motor sebesar 8,19 persen. serta konstruksi sebesar 7,24 persen.

Baca juga: BPS: Petani Gorontalo semakin sejahtera

Baca juga: Luas panen padi di Gorontalo meningkat


Sedangkan ekonomi Gorontalo triwulan IV tahun 2023 tumbuh sebesar 0,38 persen dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.

"Pertumbuhan terjadi lapangan usaha kategori jasa perusahaan mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 6,76 persen." ucap Mukhanif.

Diikuti perdagangan besar dan eceran, dan reparasi mobil dan sepeda motor sebesar 6,35 persen, serta pertambangan dan penggalian sebesar 6,17 persen.

Baca juga: Cabai rawit komoditas utama picu inflasi bulan Oktober di Gorontalo

Baca juga: BPS: Ekonomi Gorontalo triwulan II-2023 tumbuh 4,25 persen


 

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024