Volume perdagangan bilateral semakin meningkat seiring Korea Selatan dan Vietnam menandatangani perjanjian perdagangan bebas pada tahun 2014.
Seoul, Korea Selatan (ANTARA) - Vietnam kembali menjadi mitra dagang terbesar ketiga Korea Selatan untuk tahun kedua berturut-turut pada tahun 2023 di tengah pelambatan ekspor dan impor dari negara Asia Tenggara.

Data Asosiasi Perdagangan Internasional Korea (KITA) yang dirilis Senin menunjukkan Perdagangan Korea Selatan dengan Vietnam mencapai 79,43 miliar dolar AS (Rp1.250 triliun) pada 2023, dengan ekspor turun 12,3 persen menjadi 53,49 miliar dolar AS (Rp841,8 triliun).

Impor dari Vietnam selama setahun juga turun tipis sebanyak 2,9 persen menjadi Rp25,94 miliar dolar AS (Rp408,3 triliun) dan surplus perdagangan dengan Korea Selatan menyusut sebanyak 19,5 persen menjadi 27,55 miliar dolar AS (Rp433,6 triliun).

KITA mengaitkan penurunan perdagangan dan ekspor ke Vietnam pada tahun 2023 dengan penurunan ekspor cip. Pengiriman semikonduktor Korea Selatan ke Vietnam anjlok 21,6 persen secara tahunan menjadi 12,73 miliar dolar AS (Rp200 triliun) pada tahun 2023.

Empat ekspor lainnya, yakni flat panel dan sensor, produk minyak bumi, peralatan komunikasi nirkabel dan resin sintetis juga turut turun pada tahun lalu.

Kendati terdapat penurunan, Vietnam mampu melampaui Jepang dan mempertahankan posisi ketiga mitra dagang Korsel untuk tahun kedua berturut-turut.

Perdagangan Korea Selatan dengan Vietnam telah berkembang pesat sejak kedua negara menjalin hubungan diplomatik pada tahun 1992, ketika perdagangan bilateral saat itu hanya mencapai 500 juta dolar AS (Rp7,86 triliun).

Volume perdagangan bilateral semakin meningkat seiring Korea Selatan dan Vietnam menandatangani perjanjian perdagangan bebas pada tahun 2014. Vietnam merupakan mitra dagang terbesar kedelapan Korea Selatan pada tahun itu, namun peringkatnya melonjak ke posisi keempat setahun kemudian. Pada tahun 2022, Vietnam melampaui Jepang dan untuk pertama kalinya menjadi mitra dagang terbesar ketiga Korea Selatan.

Sumber : Yonhap-OANA

Baca juga: Vietnam, China alami lonjakan perdagangan pasca pembukaan perbatasan
Baca juga: Vietnam genjot pariwisata dengan bangun ekosistem pariwisata cerdas


Penerjemah: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2024