Provinsi Papua Tengah memiliki Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Atas Dasar Harga Berlaku (ADHB) terbesar di wilayah Papua...
Jakarta (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Papua Tengah merupakan Daerah Otonomi Baru (DOB) yang memiliki pertumbuhan ekonomi tertinggi sepanjang 2023, yaitu 5,95 persen.

“Provinsi Papua Tengah memiliki Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Atas Dasar Harga Berlaku (ADHB) terbesar di wilayah Papua yaitu Rp150,37 triliun,” kata Plt. Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti di Jakarta, Senin.

Ia juga menyatakan bahwa Papua Tengah menyumbang 0,73 persen terhadap total PDRB ADHB dari 38 provinsi di Indonesia. Sementara itu, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Atas Dasar Harga Konstan (ADHK) provinsi ini mencapai Rp101,07 triliun.

Papua Tengah merupakan salah satu dari empat DOB yang dibentuk pada 2022, bersama dengan Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan. Oleh karena itu, ini adalah kali pertama BPS merilis pertumbuhan ekonomi tahunan keempat wilayah tersebut.

Papua Pegunungan mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 4,78 persen, Papua Selatan 4,27 persen, sedangkan Papua Barat Daya 1,82 persen dengan kontribusi terhadap total PDRB ADHB dari 38 provinsi di Indonesia masing-masing sebesar 0,12 persen, 0,15 persen, dan 0,18 persen.

Baca juga: Pemkab Puncak Jaya bangun jalan darurat bantu logistik pemilu
Baca juga: Penjabat Gubernur Papua Tengah menyerahkan DPA 2024 sebesar Rp4,8 T




Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024