Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengapresiasi langkah kolaboratif International Solid Waste Association (InSWA) dengan berbagai pihak terkait dalam mengelola sampah di Indonesia.

"Saya menghaturkan apresiasi kepada InSWA yang telah konsisten untuk bergerak mendorong terwujudnya pengelolaan sampah dan meningkatkan efisiensi pengelolaan sampah di ranah global. Ini menjadi ikhtiar kita bersama untuk menjaga bumi bagi anak cucu kita dan generasi masa depan,” kata Anas dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Ia menyadari bahwa Kementerian PANRB bukanlah instansi utama yang menangani pengelolaan sampah. Meski demikian, Menteri Anas dan jajarannya berkomitmen untuk mendorong agar birokrasi di sektor penanganan persampahan ini ke depan jadi lebih baik.

Peluncuran buku dan dokumen rencana induk persampahan oleh InSWA tersebut menjadi model bagaimana ke depan penanganan sampah bersama non-governmental organization (NGO) ini menjadi penting.

"Oleh karena itu ke depan peningkatan kualitas lingkungan melalui reformasi birokrasi desa menjadi sangat penting. Program penanganan sampah ini jadi indikator penting bagi pembangunan desa," ujarnya.

Mantan Bupati Banyuwangi ini menuturkan perlu adanya komitmen dan inovasi dalam meningkatkan pengelolaan sampah. Berbagai daerah telah memiliki inovasi pelayanan publik dalam penanganan permasalahan sampah.

Ia pun mendorong agar daerah-daerah juga memiliki kesadaran yang sama agar masalah sampah ini dapat diatasi sesegera mungkin.

"Saya berharap bahwa dengan menumbuhkan kesadaran untuk mengelola sampah, dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan kedepannya dapat menstimulasi pergerakan ekonomi daerah serta menjadi fondasi gaya hidup sustainable living, sebagaimana yang kita cita-citakan bersama," pungkas Anas.

Baca juga: Menteri PANRB: Rekrutmen ASN bisa lebih dari sekali dalam setahun

Baca juga: MenPANRB tantang instansi pemerintah untuk rampingkan aplikasi

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024