Jakarta (ANTARA/JACX) - Calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan mengatakan saat ini ada 171 kecamatan di Indonesia yang tidak dilengkapi dengan fasilitas pusat kesehatan masyarakat (puskesmas).

Ratusan kecamatan tanpa fasilitas kesehatan tingkat pertama ini tersebar di delapan provinsi, menurut Anies.

Keterangan tersebut disampaikan mantan Gubernur DKI Jakarta itu dalam debat kelima Pilpres 2024 yang dilaksanakan di Jakarta, Minggu (4/2).

"Kita banyak memberikan perhatian pada aspek kuratifnya. Itu memang betul. Tapi jangan lupa aspek preventifnya. Dan ketika bicara aspek kuratif itu ada dua. Satu adalah soft infrastructure, itu tadi tenaga medisnya. Yang kedua, hard infrastructurenya. Apa itu? Misalnya nih 15 dari 38 provinsi belum memiliki rumah sakit kelas A. Ini harus dibangun. Kemudian 171 kecamatan di delapan provinsi ini belum memiliki puskesmas. Jadi kita harus memikirkan dua-duanya," kata Anies saat itu.

Lalu, benarkah 171 kecamatan di Indonesia belum memiliki puskesmas?

Penjelasan:
Pada 2022, Kemenkes mengemukakan sebanyak 171 kecamatan di Indonesia belum dilengkapi fasilitas puskesmas akibat pengaruh pemekaran wilayah.

"Yang paling banyak di Papua. Dulu sebenarnya satu kecamatan sudah punya satu puskesmas, karena adanya pemekaran wilayah dari satu kecamatan menjadi tiga bahkan empat kecamatan, maka sekarang tidak ada puskesmasnya," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Pelayanan Kesehatan Kemenkes Abdul Kadir dalam laporan ANTARA pada 20 Januari 2022.

Sebagai tindak lanjut, Kemenkes menargetkan seluruh kecamatan di Indonesia nantinya memiliki minimal satu puskesmas.

Kemenkes pun telah merencanakan pembangunan 67 puskesmas baru sejak 2022, untuk menutup kekurangan tersebut.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama Pilpres 2024 pada 12 Desember 2023, debat kedua 22 Desember 2023, debat ketiga 7 Januari 2024, dan debat keempat pada 21 Januari 2024, KPU menggelar debat kelima di Balai Sidang Jakarta.

Debat pamungkas Pilpres 2024 sekaligus menjadi debat ketiga yang mempertemukan para capres dan KPU menyelenggarakannya dengan tema meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

Artikel ini adalah hasil kolaborasi Aliansi Jurnalis Independen, Asosiasi Media Siber Indonesia, Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia, Cekfakta.com bersama 18 media di Indonesia.

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024