Tarakan (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nunukan, Kalimantan Utara mendistribusikan logistik Pemilu 2024 di wilayah perbatasan RI-Malaysia di Kecamatan Krayan, dengan pengawalan ketat personel TNI - Polri.

"Logistik yang didistribusikan ke wilayah Krayan untuk pemilu tanggal 14 Februari 2024 mendatang semuanya sekitar 40.000 surat suara," kata Kabag Operasional Polres Nunukan AKP Bobi Vaski Pranata di Nunukan, Senin.

Distribusi surat suara ke pelosok dikawal ketat oleh TNI dan Polri mulai dilaksanakan pada Minggu (4/2).

Pendistribusian ke wilayah Krayan melalui bandara udara Nunukan dengan menggunakan pesawat casa milik TNI Angkatan Udara (AU) karena wilayah tersebut tidak dapat dijangkau lewat darat.

Bobi mengatakan Kapolres Nunukan AKBP Taufik Nurmandia, memantau langsung proses distribusi surat suara di bandara Nunukan.

“Untuk pendistribusian logistik ke Kecamatan Krayan pada hari Minggu (4/2) ada sekitar 8.300 surat suara yang mana bila dengan total jika dikali lima semuanya sekitar 40.000 surat suara," katanya.

Surat suara terdiri dari surat suara Presiden, DPD RI, DPR Provinsi, DPR RI, kemudian DPRD Kabupaten, tujuannya Kecamatan Krayan, Kecamatan Krayan Tengah, Krayan Barat, Krayan Selatan, Krayan Timur.

Dan lima kecamatan ini bila di total ada 90 tempat pemungutan suara (TPS).

Bobi mengatakan pendistribusian surat suara ke Krayan menggunakan jalur udara dengan transportasi pesawat casa milik TNI AU, dengan tiga kali penerbangan.

"Kami menggunakan pesawat terbang karena akses untuk menuju kecamatan tersebut satu-satunya yang bisa adalah akses udara yaitu melalui pesawat karena untuk akses darat tidak bisa dilalui. Untuk pendistribusian logistik kali ini kita menggunakan pesawat milik TNI AU jenis casa dengan pilot Mayor Anam," katanya

Dengan tiga kali penerbangan dilaksanakan dalam dua hari, total ada 40.000 surat suara ditambah dengan 250 kotak suara.

Selanjutnya, logistik akan bergeser ke kecamatan Krayan Tengah dan Timur, masing-masing polsek melakukan pengawalan dan pengamanan ke PPK di masing-masing kecamatan melalui jalur darat.

“Polres Nunukan menyiapkan 20 personel yang terdiri dari enam personel Sabhara, empat personel Intel dan empat personel Satlantas, dua personel yang melaksanakan pengamanan di bandara," kata Bobi

Sebanyak tiga perwira ditugaskan untuk ke bandara dan yang ditugaskan ke Krayan ada empat personel.

Baca juga: Round up hari ke-70, pasangan calon tanggapi putusan DKPP
Baca juga: Politik kemarin, dari surat suara di Taipei hingga skenario petisi 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024