Jakarta (ANTARA) - Asli Ganjar (Asgar) Indonesia, kelompok relawan asal Garut, Jawa Barat, mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Pilpres 2024.

Berdasarkan siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa, dukungan yang dihadiri langsung oleh Ganjar Pranowo dalam lawatannya ke Jawa Barat itu dilakukan di Kabupaten Garut pada Senin (5/2).

Deklarasi tersebut dibacakan oleh Ketua Asgar Indonesia Irawan Hidayat. Menurut Irawan, seluruh anggota Asgar Indonesia menilai pasangan calon Ganjar-Mahfud merupakan sosok pemimpin yang paling potensial untuk mewujudkan harapan dan aspirasi rakyat Indonesia.

"Setelah memperhatikan proses demokrasi yang sekarang tidak baik-baik saja dan besarnya dorongan dari anggota di wilayah, kami Asgar Indonesia sepakat dan berkeyakinan penuh untuk memberikan dukungan kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Bapak Ganjar Pranowo dan Bapak Mahfud MD," kata Irawan.

Baca juga: Ganjar sebut data bansos saat ini tidak valid, benarkah?

Sejak awal berdirinya komunitas tersebut, Asgar Indonesia yang selama ini dikenal sebagai singkatan Asli Garut tidak hanya menaungi komunitas pangkas rambut saja, tetapi juga komunitas kerakyatan lainnya, seperti petani, nelayan, peternak, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), pedagang, hingga pelaku seni.

Irawan mengatakan atas dasar komunitas rakyat itu, Asgar Indonesia memutuskan untuk mendukung penuh Ganjar Pranowo menjadi presiden RI untuk periode 2024-2029.

Dia menyebut Ganjar adalah pemimpin rakyat yang sesungguhnya. Hal itu telah dibuktikan Ganjar saat menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah selama dua periode, di mana saat menjabat sebagai kepala daerah itu Ganjar selalu blusukan ke seluruh daerah untuk bertemu rakyat secara langsung.

Kebiasaannya terjun langsung ke lapangan juga masih terus dilakukan Ganjar hingga menjadi capres yang diusung PDI Perjuangan, PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo di Pemilu 2024.

Ganjar bahkan selalu mengutamakan untuk membuka ruang dengan rakyat sebagai upaya mendengarkan aspirasi dan menyelesaikan persoalan yang ada.

"Sekali lagi, kami Asgar Indonesia menyatakan mendukung penuh kepada Bapak Ganjar Pranowo dan Bapak Mahfud MD," tegas Irawan.

Baca juga: Ganjar safari politik ke Kalimantan-Jawa, Mahfud temui warga Bengkulu

Atas dukungan yang diberikan itu, Ganjar mengucapkan terima kasih. Alumnus Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta itu mendorong agar kekuatan dukungan yang ada semakin disolidkan menjelang hari pencoblosan pada 14 Februari mendatang.

"Bapak, Ibu, saya ucapkan terima kasih atas dukungannya. Semoga ini menjadi penyemangat untuk kita semua," ujar Ganjar.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Mahfud sebut hanya Ganjar yang mengerti stunting di debat terakhir

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024