Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan peran ulama dan tokoh agama menjadi sangat penting dalam menjaga kontestasi politik berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.

Para ulama dan tokoh agama dinilai memiliki penyampaian yang kuat dan menyejukkan ihwal persatuan dan kerukunan antar masyarakat seluruh Indonesia.

"Banyak peran tokoh agama yang berkontribusi untuk adanya kerukunan antar umat, antar sesama anak bangsa. Menjelang Pemilu (pemilihan umum), kita sangat penting sekali menjaga persatuan dan kerukunan. Biarkan semuanya mengikuti kontestasi dengan baik," ucapnya dikutip dari keterangan resmi saat bersilaturahim dengan ulama dan ribuan santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Zawiyah Tarekat Al-Tijaniyah, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa.

Lebih lanjut, Ganjar meminta seluruh pihak untuk turut mengutamakan persatuan bangsa Indonesia di tengah hiruk pikuk politik agar tidak terjadi perpecahan antar masyarakat yang menimbulkan kebencian.

Menurut Ganjar, kontestasi politik hanya menjadi ajang lima tahunan yang seharusnya menjadi momen untuk saling merangkul dan menyatukan perbedaan yang ada.

"Setelah selesai Pemilu, kita semua akan bisa merangkul. Makanya, jangan sampai ada pembelahan-pembelahan. Peran tokoh agama menjadi penting untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat," kata dia.

Kehadiran Ganjar disambut langsung oleh Pimpinan Ponpes Zawiyah Tarekat Al-Tijaniyah, KH Ikyan Badruzzaman, serta para ulama dan santri.

Dalam kesempatan tersebut, pihak pondok pesantren turut mendoakan Ganjar-Mahfud agar terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) 2024-2029 dalam pilpres (pemilihan presiden) mendatang.

"Mudah-mudahan beliau selalu dilindungi oleh Allah SWT, diberi kesehatan dan kita perlu ingat beliau ini paslon (pasangan calon) nomor urut 3, namanya Ganjar, wakilnya Mahfud. Nanti kita berlomba berdatangan ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) pada tanggal 14 Februari. Mudah-mudahan beliau diberikan kelancaran, diberikan oleh Allah SWT mohon jadi Presiden," ujar pihak ponpes (pondok pesantren).

Sebagai informasi, Ponpes Zawiyah Tarekat Tijaniyah merupakan ponpes yang memiliki jenjang pendidikan di bawah Yayasan SYIS Badruzzaman setingkat SMP, SMK, dan Perguruan Tinggi yang dipimpin KH Ikyan Badruzzaman.
Baca juga: Ganjar safari politik ke Kalimantan-Jawa, Mahfud temui warga Bengkulu
Baca juga: Ganjar tinjau peluang ekonomi sirkular pengelolaan sampah di Bekasi
Baca juga: Ganjar: Birokrat cukup fasilitasi, pelaku seni yang mengerjakan


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024