Jambi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batanghari menyiagakan empat unit alat berat dan material dalam memperlancar jalannya pengiriman logistik pada pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024 di seluruh wilayahnya.

“Pemerintah kabupaten telah melakukan hal tersebut dengan tujuan guna mempermudah akses logistik yang masuk maupun keluar ke lokasi tempat pemungutan suara (tps) untuk menyukseskan Pemilu 2024," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUTR) Kabupaten Batanghari Ajrisa Windra, Selasa.

Selain memperhatikan pembangunan jalan, saat ini pemerintah Kabupaten Batanghari juga akan terus berupaya terlibat dalam memperlancar jalannya pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari mendatang.

Dia mengatakan keempat unit alat berat tersebut terdiri dari backhoe loader, ekskavator, motor grader dan vibratory roller serta menyiapkan tiga unit mobil dump truk yang ikut disiagakan. Di saat pemilu nanti, jika ada kendala seperti akses jalan yang rusak dan tak bisa dilalui untuk mengantarkan logistik ke tempat pemungutan suara, pemerintah kabupaten dipastikan siap untuk melakukan perbaikan dan penimbunan jalan rusak.

"Kita siap jika terjadi kendala dan segera menindaklanjuti dengan tinggal menunggu informasi dari Komisi pemilihan Umum (KPU) maupun tim lainnya yang membutuhkan," kata Ajrisa Windra.

Untuk tujuh kecamatan yang terdampak banjir saat ini juga menjadi titik fokus kesiagaan pihak Dinas PUTR dan jika nantinya ada jalan yang terputus akibat banjir bisa segera diperbaiki, namun saat ini pihaknya belum menerima laporan wilayah yang terputus akibat banjir tersebut.

Sementara itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batanghari menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak saat ini sudah menerima keseluruhan logistik.

Ketua KPU Kabupaten Batanghari Ahmad Halim mengatakan pihaknya sudah menerima keseluruhan logistik untuk pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari mendatang, seperti diketahui, terdapat surat suara yang sebelumnya ada kekurangan pengiriman dan kondisi rusak saat ini pihaknya telah menerima kiriman ulang oleh KPU RI.

Untuk surat suara tambahan tersebut ada beberapa yaitu surat suara Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) sebanyak 622 lembar, surat suara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten yang terdiri dari Batanghari I 60 lembar, Batanghari II 51 lembar, Batanghari III 120 lembar, dan Batanghari IV 868 lembar dan untuk surat suara DPRD Provinsi Jambi 964 lembar, surat suara DPD RI 406 lembar dan surat suara Capres dan Cawapres 151 lembar.

Sementara itu, setelah menerima keseluruhan surat suara tersebut pihaknya mulai melakukan persiapan untuk dilakukan pengiriman ke-908 tps di Kabupaten Batangahari.

Baca juga: TNI - Polri kawal ketat distribusi surat suara ke perbatasan Malaysia

Baca juga: Bawaslu-Panwas Kota Sorong maksimalkan pengawasan distribusi logistik

Pewarta: Nanang Mairiadi dan Risky
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024