Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad membanggakan PT Pabrik Gula Gorontalo di Kecamatan Tolangohula, Kabupaten Gorontalo, sebagai aset bagi rakyat karena memiliki ribuan karyawan.

"Saat menjadi Gubernur Gorontalo, saya ikut memberi dukungan kepada PT Pabrik Gula Gorontalo”, kata Fadel dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Selasa.

Fadel mengapresiasi PG Gorontalo yang mampu memberi pemasukan pajak negara sebesar 35 persen. Hadirnya pabrik gula itu juga mampu menciptakan lapangan kerja yang luas dan besar bagi masyarakat Gorontalo.

"Ini adalah aset rakyat Gorontalo," kata Menteri Kelautan dan Perikanan era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Ia menjelaskan pabrik gula yang berdiri pada tahun 1990-an itu kini produksinya mencapai 50.000 ton per tahun. Produksi sebanyak itu merupakan produksi tertinggi dibandingkan pabrik-pabrik gula lainnya.

Produksi gula itu didistribusikan ke banyak daerah, seperti Manado, Maluku, Kendari, dan berbagai kota lainnya.

Untuk itu, lanjut Fadel, pemerintah harus memberi perhatian besar pada PG Gorontalo.

Dalam kunjungan kerja di Provinsi Gorontalo, Fadel Muhammad menyempatkan diri melihat perkembangan pabrik gula tersebut. Kunjungannya itu disambut Manajer Pabrik PT PG Gorontalo Yuslaman.

Selain melihat perkembangan, Wakil Ketua MPR itu juga berdialog mengenai berbagai permasalahan yang dihadapi pabrik gula.

Yuslaman yang mewakili PT PG Gorontalo berharap kehadiran Fadel bisa membantu mencarikan solusi atas masalah-masalah yang dialami pabrik tersebut.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024