Padangpanjang (ANTARA News) - Bus Transport Express Pariaman-Jakarta terbakar di Singgalang Kariang, kawasan Lembah Anai, Kabupaten Tanahdatar, Sumatera Barat, Rabu sekitar pukul 11.15 WIB.

Percikan api dari mesin di bagian belakang bus bernomor polisi BA 7522 BU itu sontak membuat penumpang panik dan berhamburan keluar menyelamatkan diri.

Peristiwa itu terjadi saat bus berpenumpang 30 orang itu tengah melintasi jalan menanjak di Singgalang Kariang.

Zulfahmi (37), salah seorang penumpang bus ketika ditemui di lokasi kejadian, mengaku kaget waktu mendengar teriakan penumpang lain yang duduk di belakang yang katanya melihat percikan api dan asap.

"Sewaktu ada teriakan kebakaran dari penumpang yang berada di belakang, kami semua mulai panik dan sopir langsung menghentikan kendaraan. Tanpa pikir panjang, penumpang berhamburan keluar dari bus untuk menyelamatkan diri masing-masing," jelas pria paruh baya asal Pakandangan, Padangpariaman itu.

Beruntung seluruh penumpang selamat dan api tidak lama kemudian berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam dari Kota Padangpanjang yang mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran.

Kepala Satuan Lalulintas Polres Padangpanjang AKP Sodikin Fachrozinur didampingi Kepala Unit Kecelakaan Lalulintas Ipda Yadi Purnama mengatakan kejadian tersebut cepat diketahui petugas sehingga bisa segera dilakukan evakuasi dan petugas pemadam juga segera datang.

"Penyebab kebakaran masih kami selidiki, apalagi dari keterangan sopir Surat KIR-nya masih dalam pengurusan pemilik bus. Dari kejadian itu memang tidak ada korban jiwa, tetapi ada penumpang yang terjatuh saat menyelamatkan diri dan telah dibawa ke rumah sakit untuk pengobatan," sebut Sodikin.

Para penumpang kemudian bisa melanjutkan perjalanan dengan bus lain yang didatangkan oleh perusahaan pemilik bus, sementara bus yang terbakar itu telah dievakuasi agar tidak mengganggu arus lalu lintas.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013