Washington (ANTARA) - Final Piala Dunia 2026 akan digelar di MetLife Stadium, New Jersey, kata federasi sepak bola dunia FIFA pada Minggu (4/2).

Turnamen tersebut, yang akan diselenggarakan bersama oleh Amerika Serikat (AS), Meksiko, dan Kanada, akan ditutup di kandang tim NFL New York Giants dan New York Jets pada 19 Juli.

"Saya yakin New York, New Jersey sedang merayakannya sekarang, dan mereka harus merayakannya karena mereka mendapatkan pertandingan terbesar dalam sejarah sepak bola," kata Presiden FIFA Gianni Infantino.

Kompetisi ini, yang akan menampilkan format peserta lebih banyak menjadi 48 tim, akan dimulai di Azteca Stadium, Mexico City, pada 11 Juni.

Dallas dan Atlanta akan menggelar pertandingan semifinal, sementara laga perempat final akan dimainkan di Los Angeles, Kansas City, Miami, dan Boston. Playoff perebutan tempat ketiga akan berlangsung di Miami.

"Ini akan menjadi final Piala Dunia FIFA yang pertama dengan 48 tim, 48 negara," ujar Infantino. "Kita akan melihat jutaan orang datang ke Amerika Serikat untuk menyaksikan Piala Dunia, ke Meksiko, dan juga ke Kanada.

"Dan, tentu saja, berada di New York, yang merupakan kota kosmopolitan, di mana terdapat lebih dari 200 bangsa antara New York dan New Jersey, merayakan dan menyatukan dunia, (itu) benar-benar sesuatu yang unik."

AS akan menggelar 78 pertandingan, sementara Kanada dan Meksiko masing-masing akan menggelar 13 laga.

Turnamen ini akan meliputi 12 grup yang terdiri dari empat tim, dengan dua tim teratas melaju ke babak berikutnya bersama dengan delapan tim peringkat ketiga terbaik. Format sistem gugur akan diterapkan, yang dimulai dengan babak 32 besar.

Ke-16 kota tuan rumah adalah Atlanta, Boston, Dallas, Guadalajara, Houston, Kansas City, Los Angeles, Mexico City, Miami, Monterrey, New York-New Jersey, Philadelphia, San Francisco Bay Area, Seattle, Toronto, dan Vancouver.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2024