Jakarta (ANTARA News) - Kepala Pelatih Ganda Campuran PBSI Richard Mainaky memutuskan memisahkan Muhammad Rijal-Debby Susanto untuk sementara waktu karena penampilan pasangan peringkat enam dunia itu kian menurun.

Rijal/Debby gagal mewujudkan misinya untuk mempertahankan gelar juara di Taiwan Terbuka Grand Prix Gold 2013 setelah terhenti di putaran kedua.

Pasangan yang diunggulkan di tempat pertama itu secara mengejutkan dikalahkan pasangan baru asal Korea, Lee Yong Dae/Shin Seung Chan, dengan skor 12-21, 21-15, 18-21.
 
"Mereka adalah anak didik yang kita latih setiap hari, saya tidak pernah melontarkan kalau hasilnya mengecewakan, anak didik saya bodoh, dan sebagainya. Tetapi penampilan mereka kurang maksimal dan hasilnya seperti ini," kata Richard dikutip dari badmintonindonesia.org, Rabu.

"Berarti pasangan ini butuh perhatian khusus, kedepannya seperti apa? Apakah jangka panjangnya masih berpasangan? Atau hanya jangka pendek saja? Atau saya harus cepat cari pengganti untuk Debby yang lebih muda?," tambahnya.
 
Meskipun dipisah, Rijal/Debby tetap menjadi  salah satu andalan Indonesia untuk mendulang medali emas di ajang SEA Games 2013 di Myanmar.

Mereka akan bermain dengan pasangan baru di sejumlah turnamen jelang SEA Games, setelah itu keduanya kembali akan berpasangan dan difokuskan untuk SEA Games 2013.
 
"Setelah Indonesia GP Gold 2013, kita punya waktu untuk mencoba Rijal dan Debby dipasangkan dengan pemain lain yang lebih muda. Ini baik untuk mereka, supaya saat dipasangkan lagi mereka fresh."

"Sekarang kan seperti ada kejenuhan, sudah buthek. Jelang SEA Games mereka akan dipasangkan kembali, menurut saya hasilnya akan beda," ungkapnya.
 
Adapun beberapa turnamen yang disebutkan Richard dapat dijadikan sebagai ajang uji coba bagi Rijal dan Debby dengan pasangan baru mereka masing-masing adalah Bitburger SaarLoxLux Open, Korea Open Grand Prix Gold, Hong Kong Open Super Series, serta Macau Open Grand Prix Gold 2013.
 
Debby akan dipasangkan dengan Ronald Alexander, pemain ganda putra yang kini berpasangan dengan Selvanus Geh.

Ronald sementara akan bermain rangkap di ganda putra dan ganda campuran. Sementara Richard masih belum dapat menyebutkan siapa yang akan menjadi pasangan Rijal.
 
"Debby akan dicoba dengan Ronald, sementara Rijal akan dicari pasangannya, kemungkinan dari tim ganda putri yang akan bermain rangkap. Namun, saya belum berwenang untuk mengumumkan karena harus diskusikan dulu dengan tim ganda putri," jelasnya.

Pewarta: Monalisa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013