Jakarta (ANTARA) - Sejumlah tim Free Fire menyambut positif format baru yang diusung Free Fire World Series (FFWS) Indonesia 2024 Spring dengan menggelar babak Knockout Stage atau fase liga reguler secara daring.

Perubahan format menurut coach RRQ Kazu Adi Gustiawan sudah biasa terjadi di Free Fire karena pengembang dan penerbit game tersebut sering kali mengganti aturan dan regulasi dalam turnamen yang tentunya menuntut para pemain untuk selalu adaptif.

"Regular phase kita bermain online ini paling berbeda. Tetapi dengan format ini tim yang baru bergabung di FFWS lebih bisa beradaptasi karena mereka sebelumnya bermain online," kata Adi dalam temu media menjelang bergulirnya FFWS ID 2024 Spring di kantor Garena Indonesia, Jakarta, Selasa.

Baca juga: Free Fire World Series Indonesia 2024 Spring dimulai pekan ini

Menurut Adi, perubahan format penyelenggaraan turnamen tersebut dapat dimanfaatkan tim baru untuk memetakan kekuatan tim lawan, sekaligus menghindari adanya kemungkinan demam panggung yang akan dialami tim komunitas yang baru bergabung di skena esport profesional.

"Mereka harus bisa beradaptasi dengan tim lawan dulu baru beradaptasi dengan panggung, makanya season kemarin komunitas under table," ujar Adi, yang mengasuh tim profesional.

Meski berarti perubahan format tersebut menguntungkan bagi tim lawan, Adi justru melihat hal itu baik untuk membangun atmosfer kompetitif dalam turnamen.

Perubahan format juga disambut baik oleh Kraken Esports yang menjadi juara Free Fire Nusantara Series (FFNS) #2, jalur kualifikasi menuju FFWS ID 2024 Spring.

Baca juga: Garena bakal gelar Grand Finals FFWS SEA 2024 Spring di Vietnam

Coach Kraken Esports Muhammad Arief Rizaldy alias Paman mengatakan perubahan format tersebut membantu timnya, yang baru terbentuk tiga bulan, untuk lebih cepat beradaptasi dengan FFWS ID 2024 Spring, mengingat FFNS #2 digelar secara daring.

Sebelumnya, pada Free Fire Master League (FFML) Season 8 -- yang kemudian bertransformasi menjadi FFWS ID 2024 Spring -- fase reguler dilaksanakan secara luring.

Kini, pada FFWS ID 2024 Spring penyelenggaraan pertandingan secara luring akan digelar setelah babak Knockout Stage, yakni Final Phase FFWS ID 2024 akan digelar secara luring di Surabaya, Jawa Timur.

Baca juga: Tim komunitas dan pro lolos ke FFWS Indonesia Spring 2024

Untuk mempersiapkan timnya berlaga secara luring, coach Paman berusaha untuk membangun chemistry antara para pemain.

"Kebetulan tim kami baru dibentuk dengan pemain yang sudah ada pengalaman, satu pemain dari komunitas. Insya Allah mengenai mental (bertanding secara luring) mereka sudah aman," ujar coach Paman.

"Selain latihan, ada sesi satu dua jam tanpa hape untuk meningkatkan bonding satu sama lain karena bonding harus dibangun setiap hari untuk membangun chemistry di off-game, sehingga nantinya akan bermanfaat di in-game."

FFWS ID 2024 Spring akan dimulai pada Jumat (9/2) dengan diikuti oleh 18 tim profesional dan komunitas.

Baca juga: Free Fire bawa fitur Guild War untuk tim komunitas Indonesia
Baca juga: Tim esports Magic Squad juara Free Fire World Series 2023

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024