gerilyawan menggunakan senjata kimia di dekat Aleppo pada Maret dan diakui oleh Carla Del Ponte, seorang anggota Komisi Independen Khusus mengenai penyelidikan PBB...
Moskow (ANTARA News) - Rusia memiliki bukti bahwa oposisi Suriah memiliki dan menggunakan senjata kimia, kata seorang anggota parlemen di Moskow pada Rabu.

"Ada beberapa alasan untuk menduga bahwa bukan hanya Pemerintah Suriah tapi juga gerilyawan memiliki senjata kimia," kata Alexei Pushkov, pemimpin Komite Urusan Internasional di Duma Negara, Majelis Rendah Parlemen Rusia.

"Ada kecurigaan gerilyawan telah menggunakan senjata ini berulangkali," kata Pushkov dalam Sidang Pleno Duma.

Pushkov menyatakan gerilyawan menggunakan senjata kimia di dekat Aleppo pada Maret dan diakui oleh Carla Del Ponte, seorang anggota Komisi Independen Khusus mengenai penyelidikan PBB tentang pelanggaran hak asasi manusia di Suriah, demikian laporan Xinhua.

"Rusia baru saja menyampaikan bukti yang ada kepada Dewan Keamanan PBB," kata Pushkov, yang dikutip kantor berita Interfax.

Rusia pada Senin menyarankan Pemerintah Suriah bergabung dengan Organisasi bagi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) dan menyerahkan senjata kimianya kepada pengawasan internasional.

Usul itu dikonfirmasi diterima pada Selasa, saat Menteri Luar Negeri Suriah Walid al-Moualem --yang sedang berkunjung-- mengatakan negaranya mengambil keputusan untuk "mencegah agresi militer Amerika".

(C003)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013