massa relawan akan berjalan kaki menuju lokasi
Jakarta (ANTARA) -
Anggota Dewan Pakar Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN), Supomo, mengatakan jutaan relawan pasangan calon nomor urut 1 tersebut siap berjalan kaki untuk menghadiri kampanye akbar di Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu (10/2).

Di Markas Pemenangan Timnas AMIN, Jakarta, Rabu, Supomo menyebutkan 1.183 simpul relawan dari berbagai daerah telah mengonfirmasi bahwa anggota mereka bersiap diri untuk jalan kaki jarak jauh atau long march, sehingga diprediksi lebih dari dua juta massa akan memeriahkan kampanye akbar AMIN di JIS.

"Meski kendala sejak awal, seperti pembatalan sepihak dari bus yang harusnya mengangkut massa sudah terjadi, tetapi masyarakat sudah tidak peduli lagi. Mereka bahkan mengatakan bahwa ada atau tidaknya bus, massa relawan akan berjalan kaki menuju lokasi," kata Supomo.

Dia mengatakan panitia kampanye akbar AMIN berusaha maksimal untuk mengayomi para relawan yang akan hadir. Sehingga, kebutuhan mereka, seperti ketersediaan air minum dan pelayanan kesehatan, akan disediakan untuk mendukung jalannya kegiatan kampanye terakhir Pilpres 2024 tersebut.

Selain itu, relawan yang akan hadir juga diimbau untuk melakukan pemindaian atau scanning barcode aplikasi AMIN, guna mengetahui titik-titik fasilitas layanan yang disediakan oleh panitia.

Baca juga: Seknas Pro Anies ajak warga Jakarta ramaikan kampanye AMIN di JIS

"Panitia sudah biasa menyiapkan kebutuhan untuk massa dua atau tiga juta, dan mereka sudah menyiapkan sistem aplikasi, dan hebatnya para relawan sudah mengerti untuk berkoordinasi selama kegiatan berlangsung," kata purnawirawan jenderal bintang dua TNI Angkatan Udara (AU) itu.

Supomo menambahkan Timnas AMIN telah berkoordinasi dengan seluruh pihak untuk mengatur alur kedatangan massa, serta telah menyiapkan sejumlah alternatif jalur dan tempat berkumpul agar relawan bisa menghadiri kampanye dengan aman dan nyaman.

Hal itu dilakukan guna menyiasati kapasitas JIS yang hanya bisa menampung maksimal 100 ribu pengunjung di dalam stadion. Sehingga, jalanan di sekitar lokasi utama JIS yang diprediksi dipenuhi massa bisa tetap kondusif.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024