Jakarta (ANTARA) - Dalam menyambut Tahun Baru Imlek 2024, ada langkah-langkah khusus yang dapat diambil untuk memastikan rumah bukan hanya tampak indah, tetapi juga dipenuhi dengan energi positif yang akan mengalir sepanjang tahun.

Pakar fengshui Lely Vy saat gelar wicara Hoki Bersama MR. D.I.Y di Jakarta, Rabu, mengatakan langkah pertama yang penting untuk dilakukan adalah membersihkan dan merapikan pintu depan rumah.

“Pintu depan akan menyambut energi yang masuk ke dalam rumah. Apabila pintu depan kita berantakan dan bau, maka energinya akan berubah dari positif menjadi negatif,” kata Lely.

Selanjutnya, fokuslah pada ruang depan rumah, menurut Lely dalam menyambut Imlek, tidak ada yang lebih klasik daripada nuansa merah yang melambangkan keberuntungan dan kebahagiaan.

Baca juga: Tiga hal yang tak boleh dilewatkan saat Imlek

Umat Tionghoa pun percaya bahwa warna merah memiliki kekuatan untuk mendatangkan keberuntungan, terutama dalam Tahun Naga Kayu yang membutuhkan tambahan sumber energi unsur api.

Maka tambahkan sentuhan merah pada dekorasi ruang depan dengan menggunakan dekorasi merah yang menarik perhatian.

Tak lupa, perhatikan juga ruang makan, karena lokasi tersebut menjadi tempat keluarga untuk berkumpul, berbagi makanan dan cerita.

Untuk menambahkan sentuhan keberuntungan dalam suasana makan, hiaslah ruang makan dengan warna emas atau gold.

Warna emas melambangkan kemewahan dan kekayaan, sehingga cocok untuk menyambut Tahun Naga Kayu yang melambangkan kebesaran.

Selain itu, jangan lupakan pentingnya memberi perhatian khusus pada ruangan yang berada di bagian Barat Daya rumah.

Baca juga: Lima tips dekorasi sederhana hangatkan rumah saat Imlek ala IKEA

“Ruangan lainnya yang perlu diperhatikan adalah yang berada di bagian Barat Daya, karena menjadi lokasi sektor ibu dalam rumah. Tentunya kita ingin ibu dan keluarga bahagia. Oleh sebab itu, di daerah tersebut kita bisa letakkan hiasan atau barang ornamen imlek bernuansa merah, seperti lampu, lampion, jam,” ujar Lely.

Yang tidak kalah pentingnya, pertimbangkan untuk menambahkan elemen air dan warna biru dalam dekorasi. Mengingat asal usul Tahun Naga berasal dari laut, unsur air dan warna biru bisa memberikan nuansa yang menenangkan dan menyegarkan. Pasanglah akuarium atau air mancur di sektor utara rumah, karena akan meningkatkan kecerdasan, perencanaan, dan prestasi akademik dalam keluarga.

Dengan memperhatikan semua detail ini, Tahun Naga Kayu dapat disambut dengan semangat dan keberuntungan yang melimpah di rumah.

Dekorasi yang dibuat juga tidak hanya menciptakan atmosfer indah, tetapi juga membawa kebahagiaan dan kesuksesan sepanjang tahun ini.

Baca juga: Tiga ide dekorasi rumah semarakkan Imlek

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024