Ambon (ANTARA) - Panglima Daerah Militer (Pangdam) XVI Pattimura Mayjen TNI Syafrial mengajak prajurit Kodam untuk menggalakkan program Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI Manunggal Air Bersih untuk memastikan ketersediaan air bersih di pelosok Maluku.

"Hingga detik ini masih banyak masyarakat yang sangat memerlukan air bersih guna memenuhi kebutuhan sehari-hari," ucap Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Syafrial di Ambon, Rabu.

Menurut Pangdam program Manunggal Air Bersih tersebut merupakan program yang digagas oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Oleh sebab itu ia juga mengajak seluruh unsur Forkopimda dan para donatur seluruh Indonesia untuk berkolaborasi mewujudkan air bersih melalui program TNI AD Manunggal Air Bersih.

"Gerakan manunggal air akan lebih dimasifkan lagi ke depannya. Mari Kita bekerjasama, berkolaborasi dan bersinergitas dengan semua unsur sehingga bisa kita targetkan kedepannya 1.500 hingga 2000 titik," kata Pangdam

Sedangkan berdasarkan data terakhir hingga kini telah diresmikan sebanyak 1.898 titik tersebar seluruh Indonesia dari Aceh sampai Merauke.

Sementara itu KSAD Jendral TNI Maruli Simanjuntak lewat keterangan tertulis mengatakan melalui program manunggal air bersih diharapkan dapat menjadi pendorong untuk memutar roda perekonomian masyarakat menjadi lebih baik lagi.
​​​​​​

Baca juga: Manunggal TNI AD: Mengalirkan air bersih, meretas tengkes di Lebak

"Air bersih sangatlah identik dengan kemiskinan hingga masalah stunting. Untuk itu, sumur bor maupun pompa hidrolik yang sudah ada ini mari sama-sama Kita jaga, rawat serta pelihara dengan baik agar awet dan tahan lama sehingga bisa dimanfaatkan dalam kurun waktu yang relatif panjang.

KSAD juga menyampaikan ucapan terimakasih dan rasa bangga kepada seluruh prajurit TNI AD atas kerja keras, loyalitas, kerjasama dan dukungan yang telah dilakukan selama ini.

Hal itulah yang menjadi salah satu faktor masyarakat masih memberikan kepercayaan tinggi kepada TNI Angkatan Darat hingga saat ini.

"Saya juga menyampaikan apresiasi kepada prajurit Kodam XVI/Pattimura karena tingkat pelanggaran yang sudah mulai menurun," katanya.

KSAD juga menekankan kepada seluruh prajurit TNI AD agar mampu bersikap sederhana, berprilaku baik, kerjakan segala tugas dengan tulus dan ikhlas sehingga kehadiran di masyarakat dapat dirasakan manfaatnya.

“Saya hadir di tengah-tengah anggota untuk sama-sama mengingatkan bahwa prajurit sejatinya untuk mengabdi, lakukan segalanya dengan baik, tulus dan ikhlas sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya masin-masing," kata KSAD.

Baca juga: TNI AD bantu pengeboran air bersih di Kabupaten Madiun
 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024