"Saya ingatkan sekali lagi, bagi Nasdem persatuan nasional itu lebih penting daripada Pemilu itu sendiri,"
Ambon (ANTARA) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem, Surya Paloh mengajak seluruh kader dan simpatisan di Maluku untuk tetap menjaga persatuan menjelang Pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Saya ingatkan sekali lagi, bagi Nasdem persatuan nasional itu lebih penting daripada Pemilu itu sendiri," ucap Surya Paloh saat rapat konsolidasi Nasdem untuk pemenangan Pemilu 2024 di Kota Ambon, Maluku, Rabu.

Menurutnya Partai Nasdem sendiri tetap akan berjuang untuk memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut satu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, namun hendaknya perbedaan pilihan politik tidak menodai stabilitas kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Politik ataupun pemilu harusnya menjadi instrumen penting, untuk membangun peradaban bangsa," katanya.

Oleh karena itu ia menegaskan bahwa komitmen kebangsaan yang telah dibangun selama 78 tahun ini hendaknya tidak dinodai hanya karena kepentingan politik semata untuk merebut suatu kekuasaan.

“Jangan lah ketidakmampuan yang ada seperti dieksplorasi, dipergunakan untuk kepentingan politik untuk merebut suatu kekuasaan, termasuk isu-isu sara yang kita tentang dalam perilaku keseharian kita,” ucapnya.

Ia menambahkan sikap mental, perilaku hingga semangat persaudaraan merupakan hal penting yang tidak boleh luntur dalam menghadapi pesta demokrasi. Mengingat Indonesia merupakan negara demokrasi yang dikategorikan super bebas.

“Maka yang paling dibutuhkan oleh bangsa ini hari adalah semangat persaudaraan yang tidak boleh luntur, dan semangat keindonesian, kedua kita berhadapan dengan realita kehidupan sebagai suatu negara demokrasi yang memang demokrasinya super bebas,” tuturnya.

Di akhir pidatonya Surya Paloh mengatakan bahwa saat ini Indonesia sedang berjuang menghadapi kebodohan dan kemiskinan serta permasalahan bangsa lainnya yang juga semakin membesar.

"Tantangannya semakin hebat baik dari dalam maupun dari luar, maka diperlukan sosok figur yang terbaik dari yang baik-baik. Nasdem tidak punya prasangka pada siapapun setiap warga negara anak bangsa yang menawarkan dirinya untuk menjadi pemimpin negeri ini kita harus menghormati itu siapapun orangnya," kata dia.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024