"Mari terus gencarkan himbauan pemungutan suara Pemilu 14 Februari untuk warga kampung memberikan hak pilih secara demokrasi, langsung bebas dan rahasia,"
Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua meminta 19 kepala distrik/kecamatan untuk meningkatkan partisipasi warganya untuk menyalurkan hak pemilih Pemilu 14 Februari 2024 hingga di atas 80 persen.

"Mari terus gencarkan himbauan pemungutan suara Pemilu 14 Februari untuk warga kampung memberikan hak pilih secara demokrasi, langsung bebas dan rahasia," tegas Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Biak Numfor ZL Mailoa di Biak, Rabu.

Ia mengakui, pihak Pemkab Biak Numfor melalui Desk Pemilu 2024 sudah mengunjungi 19 distrik melihat kesiapan langsung di lapangan untuk persiapan pemungutan suara 14 Februari.

Mailoa meminta jajaran pemerintah distrik, kelurahan dan pemerintahan kampung untuk bersinergi dengan Panitia Pemilihan Distrik, Panitia Pemungutan Suara Kampung dan Kelurahan se Kabupaten Biak Numfor untuk menyukseskan pemilu.

"Kami sudah meninjau kesiapan 19 PPD mulai wilayah kepulauan Padaido, Aimando, Pulau Numfor dan distrik daratan di Kabupaten Biak Numfor," ujarnya.

Dia berharap buka komunikasi dengan satuan TNI/Polri, para pimpinan OPD, Bawaslu dan KPU untuk berkomitmen menyukseskan agenda demokrasi 2024 dengan tingkat partisipasi bisa 80-90 persen dibanding 2019 sebesar kurang lebih 75 persen dari jumlah pemilih.

Jumlah pemilih tetap pemilu Kabupaten Biak Numfor sebanyak 101.536 pemilih dengan rincian laki-laki 50.223 orang dan 51.313 orang pemilih perempuan.

Sebelumnya, KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Serta enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

KPU RI juga telah menetapkan peserta paslon Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024