Banda Aceh (ANTARA) - Kapolda Aceh Irjen Pol Achmad Kartiko memastikan personel kepolisian di daerah itu siap mengamankan tempat pemungutan suara (TPS) pada pemilu 14 Februari 2024.

"Personel Polda Aceh dan jajaran di satuan wilayah siap mengamankan proses pemungutan suara di TPS serta mewujudkan kamtibmas yang kondusif saat pemilu nanti," kata Achmad Kartiko di Banda Aceh, Rabu.

Baca juga: Polda Aceh kerahkan 1.408 personel tambahan amankan logistik Pemilu

Pernyataan tersebut disampaikan Achmad Kartiko usai mengecek pembagian perlengkapan perorangan dan pendistribusian anggaran pengamanan di Mapolda Aceh di Banda Aceh.

Jenderal polisi bintang dua itu berpesan agar seluruh personel yang terlibat pengamanan TPS untuk bertanggung jawab atas keamanan di TPS masing-masing serta tetap menjaga netralitas.

"Netralitas pada Pemilu 2024 tersebut harus benar-benar dijaga. Patuhi petunjuk dan arahan Mabes Polri terkait netralitas pada pemilu," kata Achmad Kartiko yang juga alumni Akabri 1991 tersebut.

Baca juga: Polda Aceh siap kawal dan amankan distribusi logistik Pemilu 2024

Sementara itu, Kepala Biro Operasi Polda Aceh Kombes Pol Heri Heryandi mengatakan, pihaknya mengerahkan 9.899 personel untuk pengamanan Pemilu 2024 yang tergabung dalam Operasi Mantap Brata (OMB) Seulawah.

"Seluruh personel siap mengamankan pemilu, termasuk pengamanan pada saat pencoblosan di sekitar tempat pemungutan suara atau TPS," kata Heri Heryandi.

Baca juga: Polres Aceh Barat pastikan 2.556 bilik suara Pemilu 2024 dijaga ketat

Perwira menengah Polda Aceh itu menyebutkan dari 9.899 personel tersebut, sebanyak 8.543 personel ditugaskan untuk mengamankan TPS. Pengamanan TPS tersebut didukung 260 personel Brimob.

Selain personel, kata dia, Polda Aceh juga memetakan status TPS. Dari 16.046 TPS, sebanyak 13.016 TPS di antaranya kurang rawan. Pengamanan di TPS kurang rawan tersebut meliputi dua personel polisi dan 10 petugas linmas untuk lima TPS.

Baca juga: Bawaslu di Aceh ingatkan warga tolak politik uang jelang pencoblosan

Kemudian, status rawan sebanyak 2.723 TPS dengan pola pengamanan terdiri dua polisi dan empat petugas linmas untuk dua TPS. Serta sangat rawan sebanyak 307 TPS dengan pola pengamanan dua polisi dan dua linmas untuk satu TPS.

"Kami juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga pesta demokrasi ini berlangsung damai, dan kondusif di Provinsi Aceh," kata Heri Heryandi.

Baca juga: Akademisi Unimal Aceh menyerukan pemerintah netral di Pemilu 2024

Pemilu 2024 terdiri pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI serta pemilihan anggota DPR provinsi dan DPR kabupaten/kota.

Pemungutan suara pemilu legislatif dijadwalkan 14 Februari 2024. Pemungutan pemilu legislatif tersebut digelar serentak dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024