Hari ini tercapai kesepakatan perdamaian dengan pihak ibu Siti Mauliah dan ibu Dian Prihatini
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Perseteruan antara kedua orang tua yang bayinya tertukar Siti Mauliah dan Dian Prihatini dengan manajemen Rumah Sakit (RS) Sentosa, Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berakhir damai melalui restorative justice atau keadilan restoratif.

"Hari ini tercapai kesepakatan perdamaian dengan pihak ibu Siti Mauliah dan ibu Dian Prihatini," ucap Direktur RS Sentosa Margareta didampingi kedua orang tua bayi di Mapolres, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Manajemen RS Sentosa pun memberikan sejumlah uang kerahiman kepada kedua keluarga yang bayinya tertukar. Namun, Margareta tidak menyebutkan nominal uang yang diberikan.

"RS Sentosa memberikan sejumlah dana kerahiman, enggak disebutkan tapi itu dana kerahiman ke kedua belah pihak," ujarnya.

Ia berharap bahwa rentetan peristiwa bayi tertukar itu menjadi pembelajaran bagi RS Sentosa dalam melakukan perbaikan penanganan persalinan.

Baca juga: MenPPPA: Bayi tertukar harus jadi pelajaran RS lain lebih hati-hati

Baca juga: Kapolres Bogor: Proses hukum bayi tertukar tetap berlanjut

Baca juga: Bayi tertukar di Bogor dikembalikan ke orang tua biologis


"Tentunya dari sejak awal kasus ini kami ketahui kami sudah melakukan langkah-langkah perbaikan dan kita juga tidak lepas dari pembinaan dari instansi terkait dari Dinkes, Kemenkes, yang memonitor kebaikan-kebaikan rumah sakit," jelas Margareta.

Siti Mauliah dan Dian Prihatini melalui kuasa hukumnya melaporkan manajemen RS Sentosa atas peristiwa bayi tertukar ke Polres Bogor pada 1 September 2023.

Saat itu, Kuasa Hukum Siti Mauliah, Rusdy Ridho menyebutkan bahwa tidak ada titik temu dalam mediasi antara Siti dan Dian dengan manajemen RS. Sehingga, keduanya memilih menempuh jalur hukum.

Rentetan perkara itu terungkap ke publik saat pasangan orang tua asal Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Siti Mauliah (37) dan Muhamad Tabrani (52) membuat aduan ke unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Bogor pada 10 Agustus 2023.

Siti Mauliah mengadukan dugaan bayinya tertukar usai dirinya menjalani operasi caesar di RS Sentosa, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor pada 18 Juli 2022.

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024