Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa hukum terjadi pada Rabu (7/2), dan kami rangkum untuk Anda baca pada pagi hari ini, mulai dari rekomendasi KPK soal bantuan sosial hingga perkembangan kasus Pilot Susi Air di Papua.


1. KPK rekomendasikan bansos disalurkan via transfer

Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merekomendasikan agar bantuan sosial (bansos) disalurkan dalam bentuk uang melalui transfer bank atau via kantor pos sebagai salah satu langkah pencegahan korupsi.

"Bansos bukan berupa barang, tapi berupa uang, dan uangnya disalurkan melalui kantor pos/bank. Hal bertujuan agar bansos efektif mencapai tujuan, tepat sasaran dan efisien dalam proses distribusinya," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu.

Selengkapnya baca di sini


2. KPK segera sidangkan eks Mentan Syahrul Yasin Limpo

Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan segera menyidangkan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) setelah berkas perkaranya dinyatakan lengkap atau P21 oleh tim jaksa KPK.

"Hari ini, Rabu (7/2) tim penyidik menyerahkan para tersangka dan barang bukti kepada tim jaksa KPK untuk perkara dugaan korupsi," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu.

Selengkapnya baca di sini


3. Perseteruan orang tua bayi tertukar dan RS Sentosa berakhir damai

Kabupaten Bogor (ANTARA) - Perseteruan antara kedua orang tua yang bayinya tertukar Siti Mauliah dan Dian Prihatini dengan manajemen Rumah Sakit (RS) Sentosa, Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berakhir damai melalui restorative justice atau keadilan restoratif.

"Hari ini tercapai kesepakatan perdamaian dengan pihak ibu Siti Mauliah dan ibu Dian Prihatini," ucap Direktur RS Sentosa Margareta didampingi kedua orang tua bayi di Mapolres, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Selengkapnya baca di sini


4. Kapolda sebut pilot Susi Air masih berada di wilayah Kabupaten Nduga

Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengatakan bahwa pilot Susi Air Phillip Mark Mehrtens masih berada di wilayah Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.
​​​​
Upaya pembebasan masih terus dilakukan dengan mengedepankan negosiasi guna menghindari adanya korban, terutama dari warga sipil mengingat KKB seringkali bergabung dengan masyarakat, kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri di Jayapura, Rabu.

Selengkapnya baca di sini


5. Polri siapkan pengamanan libur panjang Isra Mikraj dan Imlek

Jakarta (ANTARA) - Polri menyiapkan pengamanan arus lalu lintas dan tempat objek wisata pada libur panjang cuti bersama. bertepatan dengan peringatan Isra Mikraj tanggal 8 Februari dan Tahun Baru Imlek 2575/2024 tanggal 10 Februari.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko di Jakarta, Rabu, mengatakan dengan adanya libur nasional dan cuti bersama diperkirakan akan terjadi peningkatan mobilitas masyarakat baik di bandara, pelabuhan, stasiun, jalan tol hingga objek wisata.

Selengkapnya baca di sini

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024